Thursday

10 Mahluk Yang Dinyatakan Hoax

Mahluk-mahluk yang memiliki beberapa bagian hewan yang berbeda-beda ditubuhnya kebanyakan adalah Hoax, selain Hodag dan the Beast Bladenboro yang merupakan hewan kreasi manusia, berikut ini adalah nama-nama mahluk Cryptid yang sebagian besar adalah akibat ketidak tahuan atau pun perbuatan iseng manusia.

1. Jackalope
Jackalope memiliki banyak nama, diantaranya antelabbit, horny bunny, aunt benny, stag bunny. merupakan mahluk fiksi persilangan Jackrabbit dengan Antelope.
Hanya ada satu spesies utama di bagian barat daya Amerika dimana Jackrabbit disebut sebagai Antelope Jackrabbit, hal ini dikarenakan hewan tersebut memiliki kemampuan lari yang kencang seperti antelope. Hal ini yang membuat mudah untuk membayangkan dalam komik fiksi Jackrabbit tersebut memiliki tanduk seperti antelope.
Versi pertama kelinci bertanduk ini sebenarnya muncul pertama kali di Eropa pada abad ke-14 dalam buku Historia Animalium Liber I :De Quadrupedibus Viviparis dikarang oleh Konrad Forer 1563. lalu menyebar ke Eropa diabad-abad berikutnya. Legenda Jackalope sendiri muncul setelah muncul di koran New York Times (1932) lalu kantor pos amerika mengeluarkan serial perangko bergambar Jackalope pada tahun 1930an. Sementara di Eropa legenda tentang kelinci bertanduk bertebaran khususnya di Jerman dan Austria. seperti Raurackl, Rasselbock dan Walpertinger.
disebutkan bahwa mahluk ini merupakan hybrid dari pygmi-deer atau rusa cebol dengan killer rabbit.disebutkan juga jackalope dapat menirukan bunyi suara. Meskipun tidak ada satupun Jackalope yang pernah ditangkap namun orang menytakan apabila ingin menangkap Jackalope cukup meletakkan sebotol whisky di malam hari, makhluk tersebut akan meminum Whiskey itu, yang mana minuman tersebut akan membuat teler si Jackalope dan memudahkannya untuk diburu.
Fakta:Secara umum dipercaya bahwa Jackalope terinspirasi oleh penampakan kelinci yang terinfeksi Shope papillomavirus, Yang menyebabkan pertumbuhan benjolan-benjolan seperti tumor yang berbentuk seperti tanduk-tanduk yang menyerang tubuh dan kepala kelinci. Imaginasi manusia seringkali membuat khayalan tentang mahluk cryptid yang merupakan kompisisi dari 2 hewan atau lebih.

2. Spaghetti Tree (Pohon yang berbuah Spaghetti)
Kisah tentang pohon ini disiarkan dalam program acara BBC yakni panorama, dengan durasi 3 menit diberitakan terdapat sebuah pohon di Swiss disebuah daerah ditepi danau Lugano, ada sebuah pohon yang berbuah Spaghetti.
Namun sebenarnya kisah tersebut diproduksi dalam rangka April Fools day ditahun 1957. Namun kisah tersebut yang disiarkan pada tanggal 1 April mengakibatkan pada keesokan harinya ratusan telepon masuk menanyakan keaslian cerita tersebut atau juga meminta cara bagaimana berbudidaya dan menanam tanaman spagetthi tersebut.
Pihak BBC menjawab kepada mereka untuk menempatkan "setangkai" Spaghetti diatas sebuah kaleng tomat dan berharap yang terbaik untuk mereka. Pada saat itu diperkirakan sekitar 7 juta orang menyaksikan acara itu, dari 15.8 juta pemilik televisi yang ada di Inggris saat itu.

3.Gremlin
Gremlin adalah sesosok mahluk fiksi yang nakal, ia digambarkan memiliki orientasi dan ketertarikan terhadap benda mekanik dan juga sangat licik.
Konsep tentang gremlin merupakan sebuah sebutan terhadap berbagai kecelakaan pesawat dan tindakan sabotase pesawat yang pertama kali terjadi diantara para penerbang pesawat tempur kerajaan Inggris dimasa perang dunia ke-2. Tindakan saling sabotase ini terjadi diantara unit High Altitude Photographic Reconnaissance unit (PRU) dari Royal Air Force (RAF) di Benson dengan Wick dan St Eval.
Kisah tentang Gremlin sendiri terbit dalam edisi ke-13 pada jurnal dwi mingguan Royal Air Force 18 April 1942. meskipun artikel ini telah beredar sejak tahun 1940, penulis pertamanya adalah Hubert Griffith yang kemudian menjual hasil karyanya ke Walt Disney.

4. Minnesota Iceman
Minnesota iceman adalah sesosok manusia yang membeku dalam balok es dan dipertunjukkan diberbagai karnaval dinegara bagian Minnesota akhir tahun 1960 yang diakui sebagai "missing link" manusia dengan kera.
Banyak yang menduga bahwa itu adalah bigfoot, yeti dsb termasuk yang skeptis dan mengatakan nya sebagai Hoax.
Frank Hansen adalah pemilik "iceman" namun keterangannya kerap bertolak belakang dan berubah-ubah darimana asal mahluk tersebut. Pernyataannya yang kerap bertolak belakang memunculkan kritikan dan tuduhan penipuan.Hansen mengklaim bahwa ia memiliki iceman sungguhan dan replika dimana yang replika sering ia tampilkan dalam pertunjukan terkait betapa berharganya dan mudah rapuhnya "iceman" yang asli.
Dua ahli Cryptozoology bahkan sempat memeriksa dan tertipu oleh iceman tersebut. Tak lama kemudian Smithsonian Institute meminta Dr John Napier memerika iceman itu, lalu ia memberikan laporan dan menyarakan FBI mengadakan penyelidikan bahwa mahluk dalam es tersebut korban pembunuhan dengan cara ditembak. Taklama kemudian 'iceman' menghilang dari peredaran publik. Beberapa tahun kemudian di tahun 1995 Hansen dalam wawancaranya menyatakan bahwa "Saya tidak pernah menyelidiki apakah iceman tersebut asli"

5. Popo Bawa
Popo Bawa konon adalah roh-roh jahat yang mendiami pulau-pulau di Zanzibar. Popo Bawa berasal dari bahasa Swahili yang berarti Sayap kelelawar. Nama ini berasal dari deskripsi bayangan kegelapan yang diciptakan oleh roh saat mereka menyerang dimalam hari.
Popo Bawa digambarkan dalam berbagai bentuk seperti hantu, raksasa dengan sayap kelelawar yang besar, serta ini yang sangat aneh yakni berbentuk pe**s raksasa. Saat ia dikenal atau disebut sebagai "imran" ia berupa seperti manusia dan terlihat disiang hari namun kehadirannya saat malam biasa diketahui dengan goresan cakar diatap, bebauan yang sangat tajam.
Popo Bawa hanya menyerang pria dan hanya ditempat tidur mereka, yang mengakibatkan banyak pria akhirnya tidur di jalan atau di sofa mereka setelah beberapa kasus penyerangan dilaporkan.
Popobawa menyerang pria saat mereka tengah tertidur lalu menekan kepala mereka menghadap lantai kemudian menyodomi mereka lebih dari satu jam. Orang yang mengklaim bahwa mereka menjadi korban popobawa mayoritas berasal dari masyarakat miskin yang tinggal di pulau Pemba, walaupun begitu ada juga laporan dari pulau lainnya dan juga daerah pesisir Tanzania.
Diperkirakan bahwa sebenarnya Popo Bawa merupakan efek dari Sleep Paralysis (tindihan), kemungkinan juga Popo Bawa merupakan memori sosial yang diartikulasikan akibat kengerian mereka akan perbudakan dimana banyak dari legenda Zanzibar juga datang dari para kaum kolonialis dan pedagang seperti Portugis, Inggris, india Persia, Arab, Afrika dll

6. Skvader
Skvader adalah mahluk fiksi Swedia yang dirakit oleh Rudolf Granberg ditahun 1918 dan sekarang dipajang di museum di Norra Berget, Sundsvall.
Binatang ini memiliki seperempat bagian depan serta kaki depan kelinci namun kaki belakang, sayap dan ekor dari burung belibis kayu betina (Tetrao Urogallus)

7. Wolpertinger
Wolpertinger (Crisensus bavaricus) adalah mahluk hybrid imaginasi, yang hidup di pegunungan alpen di Bavaria Jerman. Wolpertinger sama seperti hewan bertanduk kecil lainnya yang dikenal di eropa utara seperti The Rasselbock dari hutan Thuringian, Elwedritsche dari region Palatinate, lalu Rauracklas dari Austria serta Skvader dari Swedia dan juga Jackalope serta Dildap.
Sama seperti Jackalope,ketidaktahuan masyarakat pada abad ke-17 akan virus Shope Papilloma membuat mereka melihat seekor kelinci yang memiliki tanduk.

8. Gazeka
Gazeka atau dikenal sebagai Papua Devil Pig digambarkan menyerupai tapir ataupun seekor kukang raksasa yang memiliki moncong belalai yang panjang, ada yang mengatakan bahwa Gazeka adalah mungkin keturunan dari satu hewan marsupial yang sudah punah.
Sebenarnya Gazeka adalah kerjaan dari seorang penulis komik terkenal George Graves (1876-1949) yang memperkenalkan mahluk tersebut secara sekilas dengan permainan musik, The little Michus di Daly Theater London tahun 1905.Akibatnya, ide dari Graves tersebut menjadi tren musim itu dan sebuah kompetisi diselenggarakan untuk mendorong para seniman menggambarkan seperti apa bentuk mahluk itu nantinya. Seseorang bernama Charles Folkard memenangkan kontes tersebut dan tiba-tiba Gazeka menjadi booming dan muncul dalam berbagai item hingga ke perhiasan mewah.Gazeka juga diambil oleh Perrier seorang pengusaha air mineral untuk serangkaian iklan. Gazeka juga ditampilkan dalam sebuah lagu khusus dan tarian di sebuah tempat hiburan, Akezag di Hippodrome London tahun 1905.

9. Montauk Monster
Montauk Monster adalah sebutan buat mahluk tak dikenal yang terdampar mati ditepi pantai dekat Montauk, New York.Kisah ini bermula 23 July 2008 melalui artikel sebuah koran lokal, The Independent. Jenna Hewwit bersama 3 rekannya menemukan sesosok bangkai mahluk pada tanggal 12 July di pantai Ditch Plains yang berjarak 2 mil dari distrik Montauk.
Cryptozoologist bernama Loren Coleman dari Cryptomundo lah yang pertamakali memberi nama "montauk monster" istilahnya tersebut tersebar luas di internet dan menyebar secara global hari-hari berikutnya, ditambah lagi penyebaran melalui email, weblog serta media nasional semakin meningkatkan spekulasi akan mahluk itu.
Penampilan asli dari mahluk tersebut pastinya telah berubah akibat telah lama terendam air sebelum terdampar ditepi pantai sehingga menyulitkan untuk melakukan identifikasi.
William Wise yang merupakan Direktur dari Stony Brook University Living Marine Institute percaya bahwa mahluk tersebut adalah palsu, hasil kreasi seseorang yang sangat kreatif menggunakan lateks.
Wise juga mengesampingkan beberapa hewan yang kemungkinan adalah Montauk Monster:
1. Penyu : Seekor penyu tanpa cangkangnya, sebuah cangkang penyu tidak dapat dilepas tanpa merusak tulang punggungnya. sementara pada poto yang beredar punggung mahluk tersebut mulus.
2. Racoon : Kaki mahluk tersebut tampak lebih panjang jika diukur dalam proporsi tubuh.
3. Hewan pengerat : Hewan pengerat seperti tikus memiliki 2 gigi besar, gigi insisvus yang melengkung didepan mulut mereka.
4. Anjing atau canine lainnya seperti Coyote : Punggung mata menonjol dan kaki tidak cocok dengan golongan canine.
5. Domba : Seekor domba tidak memiliki gigi yang runcing
6. Capybara : Capybara tidak memiliki ekor.

10. Pickled Dragon
Pada bulan Desember 2003 seorang pria bernama David Hart mengklaim telah menemukan seekor naga yang telah di beri air keras atau tepat nya janin dari seekor mahluk reptil bersayap dalam sebuah botol besar yang diisi formaldehyde di garasinya di Oxfordshire, London.
Tidak lama kemudian terungkap bahwa ia dan temannya, Allistair Mitchell telah melakukan hoax dalam rangka untuk mempromosikan novel yang ditulis oleh Mitchell.
Sebelumnya kedua orang ini kepada pers menyatakan bahwa naga tersebut ditemukan bersama sebuah dokumen yang menerangkan bahwa naga tersebut pernah ditawarkan kepada Natural History Museum pada abad ke-19 oleh seorang ilmuwan Jerman. Mitchell menduga bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk mendiskreditkan ilmuwan Inggris. Namun pihak Natural History Museum menolak cerita tersebut dan menduganya sebagai Hoax.
Berdasarkan cerita mereka, kakek dari David Hart adalah seorang porter di museum, ia berusaha menyelamatkan spesimen dari kehancuran, lalu oleh ayah Hart disimpan dalam sebuah peti di garasi dan berada disana selama lebih 20 tahun hingga akhirnya "ditemukan kembali" olehnya.
Pada kenyataannya Naga tersebut dibuat oleh seorang seniman untuk serial TV BBC."Walking with Dinosaurus" dan tabung tersebut dibuat oleh studio spesialis kaca.

1 comment:

  1. DAFTAR GRATIS di IonQQ |dot| COM
    Tunjukkan kemahiran anda bersama jutaan member lainnya di IONQQ 1ID bisa main Pok3r*D0min099*BandarQ*BandarP0ker,,,
    Hanya Bermodal Deposit minimal Rp 20.000,- saja sudah bisa bermain 4 permainan di IONQQ ,,,

    ReplyDelete