Monday

Paranormal : The Smurl Poltergeist


Ini adalah sebuah kisah nyata yang diangkat ke layar lebar sebuah film berjudul The Haunted.
Kisah ini tentang sepasang suami istri bernama Jack dan Janet Smurl yang tinggal di West Pittston, Pennsylvania dimana keluarga mereka mengalami teror dan kejadian menakutkan yang menimpa mereka dari tahun 1974-1987, kasus ini mendapat perhatian luas media dan dikenal sebagai The Smurl Poltergeist. Walaupun rumah tersebut telah diadakan tiga kali pengusiran hantu dan investigasi oleh seorang demonologist yakni Ed dan Lorainne Warren, para hantu penunggu rumah tersebut menolak pergi. Kisah ini dibukukan dalam sebuah buku dan juga film dengan judul The Haunted.

Keluarga Smurl terdiri dari Jack dan Janet Smurl, lalu putri kembar mereka Shannon dan Carin, kemudian Dawn serta putri bungsu mereka Heather. Rumah yang mereka tempati telah berdiri sejak tahun 1896 disebuah jalan yang sepi di lingkungan kelas menengah. Mereka pindah kerumah tersebut setelah topan Agnes menyerang daerah timur laut Pennsylvania pada tahun 1972 yang membuat keluarga ini harus pindah dari rumah mereka di Wilkes Barre. Orang tua Jack yakni John dan Mary Smurl membeli rumah tersebut di tahun 1973 seharga 18.000 dollar lalu mereka menempati sisi kanan rumah tersebut, sementara itu Jack beserta istri dan anak-anaknya disisi kiri rumah tersebut. Mereka menghabiskan banyak uang untuk merenovasi dan merubah bentuk rumah yang baru mereka beli.

18 bulan pertama mereka menempati rumah tersebut mereka dalam keadaan nyaman dan tiada gangguan apapun, namun hal-hal aneh mulai bermunculan setelah itu, pada January 1974. terlihat bercak noda yang aneh pada karpet yang baru mereka beli, lalu pesawat televisi milik Jack tiba-tiba terbakar, pipa air berulangkali bocor walaupun baru saja disolder, Wastafel dan Bathtub yang baru di beli setelah renovasi pada kamar mandi ditemukan goresan yang cukup parah seakan-akan binatang buas baru saja mencakar mereka, begitu juga pada kayu yang baru dicat di kamar mandi juga ditemukan goresan yang sama.
Pada tahun 1975, Dawn putri tertua mereka beberapa kali melihat orang "mengambang" dikamarnya.
Akhirnya pada tahun 1977 keluarga Smurl menyadari bahwa rumah mereka..berhantu!, Toilet sering menyiram sendiri tanpa ada yang mempergunakannya, langkah-langkah kaki orang terus-terusan terdengar di tangga, laci akan membuka dan menutup dengan sendirinya, radio berbunyi dengan keras walaupun sudah dimatikan dan dicabut stop kontaknya, kursi goyang akan bergoyang dengan sendirinya tanpa ada yang duduk diatasnya, seiring berjalannya waktu mereka mulai sering mencium bau masam dan tidak sedap diseluruh areal rumah, selain itu seringkali Jack merasa dirinya disentuh oleh sebuah tangan yang tak terlihat, kejadian tersebut seiring dengan makin meningkatnya intensitas gangguan pada mereka membuat keluarga Smurl lelah dan frustasi.

Di tahun 1985 sesuatu yang awalnya hanya berupa gangguan menyebalkan menjadi sesuatu pengalaman yang mengerikan.John dan Mary sering mendengar pertengkaran dengan bahasa yang keras, cabul dan kasar dari sisi rumah yang dihuni anaknya, Jack dan Janet. Padahal saat itu Jack dan Janet bahkan tidak sedang berdebat apalagi bertengkar.
Pada February 1985, Janet mendengar namanya dipanggil-panggil seseorang saat sedang mencuci di basement, setelah mencari-cari orang yang memanggilnya akhirnya Janet menyadari bahwa ia tengah berada sendirian di rumah.
Dua hari kemudian terjadi penampakan yang menegangkan dimana Janet melihat sebentuk wujud manusia berwarna hitam namun tak berwajah di dapur, bentuk ini muncul dari dinding dapur dan juga muncul dihadapan Mary disisi lain rumah itu, sejak saat itu aktivitas menghantui meningkat baik frekwensi maupun besarannya. Sebuah kipas angin besar jatuh kebawah dan hanya beberapa inchi dari Shannon berada yang jika tepat menimpa Shannon dapat membunuhnya.
Tidak jarang mereka mendapat gangguan dikamar tidur seperti Janet seusai bercinta dengan suaminya, begitu juga putri mereka Shannon yang dilempar keluar dari tempat tidur hingga berguling menuruni tangga. Selain itu suara gesekan dan garukan pada dinding semakin sering terdengar.
Bahkan tetangga mereka pun tak luput dari teror mahluk penunggu rumah tersebut, mereka mendengar jeritan dan suara-suara aneh yang berasal dari rumah itu bahkan pada saat keluarga Smurl tidak berada di rumah itu. Para tetangga bersimpati atas kejadian yang menimpa keluarga Smurl dan mereka mendukung mereka yang telah berkomitmen untuk berjuang melawan mahluk-mahluk tersebut.

Pada bulan January 1986, Janet mendengar tentang Ed dan Lorainne Warren peneliti psikis dan demonologist dari Monroe, Connecticut, meskipun Janet skeptis namun ia tidak punya lagi tempat untuk dapat dimintai tolong. Pasangan Warren ini tiba didampingi oleh Rosemary Frueh seorang perawat berijazah dan juga seorang psikis.
Pertama-tama yang mereka lakukan adalah menanyai anggota keluarga Smurl dengan hati-hati mulai dari keyakinan dan agama mereka, kebahagiaan kehidupan keluarga mereka, apakah pernah mereka berlatih satanisme, okultisme, menggunakan papan ouija, atau dengan cara apapun yang mengundang mahluk supranatural ke rumah mereka. Kemudian pasangan Warren dan Frueh berjalan mengitari rumah tersebut dan mengindentifikasi lemari kamar tidur yang merupakan pembatas antara kedua sisi rumah tersebut. Mereka menemukan bahwa terdapat 4 mahluk jahat dirumah itu, mereka mengidentifikasikan 3 mahluk itu adalah setan kecil sedangkan yang satu lagi adalah iblis (Demon).

Berdasarkan kesaksian keluarga Smurl bahwa mereka tidak pernah melakukan sekalipun acara ritual yang mengundang setan, ataupun dari penelitian mereka bahwa keluarga ini harmonis dan juga rumah ini tidak pernah terjadi tragedy sebelumnya, Warren menduga bahwa mahlum penunggu rumah ini adalah mahluk yang tidak aktif, mungkin selama beberapa dekade, namun kemudian energy mereka menjadi aktif seiring naiknya energy emosional pada anak-anak wanita Smurl (kebetulan semua anaknya adalah wanita) saat mereka menuju pubertas.

Pasangan Warren mencoba dua kali untuk membuat sang demon mengekspos dirinya dengan memutar kaset musik religi dan juga doa-doa, sang demon bereaksi dengan mengguncang keras cermin serta laci lemari.
Tidak lama sesudahnya situasi menjadi semakin serius, Jack diperkosa oleh Succubus bersisik, dimana ia muncul dalam wujud wajah wanita tua namun dalam tubuh seperti seorang gadis muda, matanya berwarna merah serta gusi berwarna hijau. Ed Warren dicekik lalu menderita penyakit seperti flu, Janet diserang secara seksuil oleh Incubus dan juga lengkingan suara lenguhan babi (tanda adanya infestasi setan yang serius) terdengar di dinding rumah tersebut.
Keluarga Smurl mengatakan bahwa mereka telah beberapa kali meminta dukungan dan bantuan dari gereja Katolik Roma keuskupan Scranton, dimana mereka menyatakan bahwa mereka akan berkonsultasi dengan para ahli tapi kelihatannya tidak mungkin para pejabat gereja akan terlibat untuk hal itu.
Pasangan Warren kemudian membawa pendeta (sekarang sudah menjadi Bishop) McKenna, seorang pendeta tradisionil, yang menolak untuk mematuhi perubahan dalam ritual yang diamanatkan oleh konsili Vatikan II. McKenna telah 50 kali melakukan ritual pengusiran setan (Exsorcism), dia melakukan ritual kuno yang tidak menghasilkan apa-apa selain semakin membuat marah sang demon.
Kejadian mengerikan terus terjadi pada keluarga Smurl, Carin mengalami demam yang aneh dan hampir meninggal, Dawn hampir diperkosa oleh mahluk halus sementara itu Janet dan Mary sama-sama mendapati lengan mereka terdapat bekas goresan dan gigitan. Seluruh penghuni rumah tersebut merasa tertekan.
Ed Warren menjelaskan bahwa mereka saat ini masih berada pada gangguan tahap kedua dari para mahluk halus penunggu rumah, yang nantinya akan berlanjut pada tindakan penganiyayaan yang akan diikuti oleh kerasukan kemudian kematian.

McKenna untuk keduakalinya melakukan tindakan pengusiran namun tak berhasil, bahkan mahluk tersebut mengikuti keluarga Smurl saat pergi ke kemping atau melakukan gangguan saat Jack berada di tempat kerja. Keluarga Smurl menyadari bahwa sulit bagi mereka untuk pindah rumah sebab mahluk tersebut akan selalu mengikuti kemana mereka pergi. Setelah penolakan yang berulangkali dari gereja untuk membantu mereka, keluarga Smurl akhirnya memutuskan untuk tampil di televisi, dengan tampil anonymous dibelakang layar, diwawancarai oleh Richard Bey diacara stasiun televisi lokal dalam acara "People are Talking".
Sang demon penunggu rumah membalas tindakan mereka dengan membuat Janet mengambang lalu membantingnya dengan keras ke dinding, lalu dihadapan Jack muncul mahluk mengerikan dengan bentuk babi yang memiliki dua kaki. Selain itu sebuah tangan menjalar dikasur lalu mencekik janet dari belakang, sementara itu Jack sekali lagi diperkosa oleh Succubus.

Pada bulan Agustus 1986, Keluarga Smurl merasa bahwa risiko mendapat ejekan belum sebanding dengan keinginan mereka untuk menceritakan kisah mereka kepada khalayak ramai dan mereka memberikan izin untuk dapat diwawancarai oleh sebuah harian, tak berapa lama setelah itu rumah mereka menjadi daya tarik bagi pers, orang-orang yang penasaran dan tertarik untuk melihat bagaimana bentuk rumah itu ataupun para skeptis yang ingin menyelidiki.
Beberapa orang yang skeptis termasuk diantaranya ada tetangga keluarga Smurl yakin bahwa itu semua hanyalah karangan keluarga Smurl dalam meramu cerita untuk mendapatkan keuntungan dari buku atau film jika dibuat dari kisah mereka.
Keluarga Smurl lalu mengontak seorang medium bernama Mary Alice Rinkman, yang lalu memeriksa rumah tersebut dan menguatkan temuan pasangan Warren bahwa rumah tersebut dihuni oleh 4 mahluk halus, dimana seorang bernama Abigail dalam wujud wanita tua, seorang pria, gelap dan berkumis bernama Patrick, yang telah membunuh istri dan kekasihnya lalu digantung oleh massa. namun ia tidak bisa mengidentifikasi yang ketiga dan keempat.
Akibat pemberitaan pers yang kencang memberitakan mengenai rumah keluarga Smurl ini mendorong keuskupan Scranton mengambil tindakan dan menawarkan diri untuk mengambil alih penyelidikan, sementara itu pasangan Warren juga berencana untuk melakukan excorsim massal dengan melibatkan banyak imam pendeta serta kelompok doa untuk memberikan kenyamanan buat rumah itu. Uskup McKenna kembali datang kerumah tersebut untuk melakukan excorsim yang ketiga kalinya dan kali ini tampaknya sedikit berhasil, tidak ada gangguan selama 3 bulan.

Namun tak lama sebelum natal 1986 Jack kembali melihat sesosok bentuk hitam, berfikir bahwa ini adalah bentuk tahap ketiga dari gangguan setan, Jack merengkuh rosarionya dan berdoa dan berharap bahwa itu adalah insiden yang terisolasi, namun ternyata gangguan kepada keluarga Smurl kembali menghantui mereka, dibarengi oleh bau yang menyengat serta tindakan agresi dan penyerangan.
Frustasi,lelah dan putus asa akhirnya keluarga Smurl pindah ke kota lain, tak lama sebelum buku yang menceritakan penderitaan mereka "The Haunted" dirilis. Pihak gereja melakukan Excorsime yang keempat kalinya di rumah itu di tahun 1988 yang tampaknya telah membuat mahluk halus penunggu rumah itu kedalam kedamaian dan meninggalkan rumah itu, sementara itu film "The Haunted" dirilis pada tahun 1991.

0 comments:

Post a Comment