Monday

Mitos dan Persepsi Yang Keliru Tentang Cleopatra

Cleopatra yang terkenal dalam sejarah memiliki nama aslinya adalah Cleopatra VII adalah Ratu Terakhir Kerajaan Mesir, Hollywood banyak berperan penting dalam terjadinya kekeliruan dan mispersepsi terhadap Cleopatra yang sebenarnya, berikut adalah Mitos dan Persepsi yang keliru dibandingkan dengan sejarah asli Cleopatra.

- Cleopatra adalah wanita Mesir
Cleopatra aslinya adalah berasal dari keturunanYunani, ia adalah ratu dari dinasti Ptolemy yang memerintah di Mesir, keturunan dari Jendral Ptolemy yang menjadi salah satu Jendral dari The Great Alexander saat hendak menaklukkan dunia, Saat The Great Alexander meninggal, Ptolemy dan 2 Jendral lainnya membagi-bagi wilayah yang diduduki oleh Great Alexander untuk mereka. Kebanyakan orang akan mengira ia adalah orang Mesir, namun bagi penduduk Mesir saat itu, Cleopatra tetap dianggap sebagai penguasa dari Yunani.


- Cleopatra adalah seorang wanita yang cantik jelita
Mungkin persepsi ini merupakan pencitraan dari film-film Hollywood, dimana seluruh aktris wanita yang memerankan Cleopatra adalah wanita-wanita yang cantik di zamannya. Namun pada kenyataannya mungkin semua akan setuju bahwa Cleopatra jauh dari pencitraan itu, Cleopatra memiliki hidung bengkok dan besar serta wajah yang berlemak seperti yang dapat dilihat pada coin Roma yang dikeluarkan oleh Marc Antonius untuk menghormati Cleopatra. Sungguh jauh jika dibandingkan dengan Elizabeth Taylor atau aktris lainnya yang memerankan tokoh Cleopatra di film-film Hollywood.

- Cleopatra memiliki rambut berponi.
Pada film-film Hollywood kita bisa melihat, dan bukan hanya Cleopatra yang berponi namun semua film tentang Mesir kuno dimana wanita-wanitanya berponi, orang akan mengira para wanita Mesir khususnya para bangsawan dan pekerja istana telah mengenal mode rambut poni.
Pada kenyataanya Cleopatra mengenakan wig ikal yang ketat pada rambutnya yang hampir dicukur rata.
Model rambut poni mulai dikenalkan pada film oleh Claudette Colbert di tahun 1934 pada film arahan Cecil B DeMille kaerna Claudette secara pribadi menyukai rambut poni. Ditahun 1963, mode rambut poni menjadi trend dan Elizabeth Taylor memakai rambut poni saat re-make film Cleopatra dibuat.

- Cleopatra digambarkan sebagai seorang wanita yang tidak berperhitungan dimana ia dengan mudahnya melebur mutiara-mutiara yang mahal dalam secangkir cuka (atau anggur)
Mungkin pada saat itu mereka membuat cuka yang berbeda dengan saat ini, namun yang pasti cuka tidak akan mampu melarutkan atau melebur mutiara.

- Julius Cesar jatuh cinta pada Cleopatra
Film Hollywood menggambarkan cinta segitiga antara Julius Cesar, Cleopatra dan Marc Anthonius. Yang sebenarnya adalah diragukan bahwa Julius Cesar tertarik pada Cleopatra, lalu Cleopatra dan Marc Anthonius terjadi setelah Julius Cesar dibunuh oleh Brutus didepan gedung senat. Lalu yang sebenarnya adalah Julius Cesar tertarik pada uang Cleopatra.Mesir adalah negara yang kaya dan perang sipil yang harus dihadapi oleh Julius Cesar harus mengahabiskan banyak uang dimana ia harus menghadapi bekas sekutunya di Roma yakni Pompei. Tentu saja Julius Cesar mengklaim bahwa uang tersebut adalah pembayaran hutang Mesir pada Roma dimana ayah Cleopatra memiliki hutang yang cukup besar.

- Marc Antonius jatuh cinta pada pandangan pertama pada Cleopatra
Mereka telah saling mengenal satu sama lain beberapa tahun sebelum akhirnya mereka saling jatuh cinta. Itu jika kita beranggapan bahwa Marc Anthonius sungguh-sungguh menyintai Cleopatra dan bukan karena butuh aliansi menghadapi Oktavianus.

- Marc Antonius Mencintai Cleopatra
Mungkin yang satu ini ada benarnya, namun sebaiknya kita memeriksanya terlebih dahulu, memang benar bahwa mereka pernah bertemu di Asia Minor dan melakukan percintaan. Setelah mereka bercinta, Marc Antonius berjanji untuk membunuh adik perempuan Cleopatra sehingga ia tidak mendapat tentangan dari dalam untuk memerintah Mesir, namun setelah percintaan itu Marc Antonius kembali pulang ke istrinya. Namun Cleopatra tetap kurang beruntung walau istri Marc Antonius meninggal pada tahun itu, Antonius menikahi Octavia adik dari saingan politiknya, Octavianus. Hal itu ia lakukan untuk mempertahankan posisi politiknya. Setelah ia merasa posisinya cukup kuat untuk menentang Oktavianus ia segera pergi ke Mesir menemui Cleopatra dan kedua anak kembarnya, tetap saja Cleopatra kesal karena harus menunggu 3.5 tahun untuk dapat kembali bertemu Marc Antonius.

- Cleopatra bunuh diri setelah kematian Marc Anthonius
Tentu saja Cleopatra sedih atas kematian kekasihnya, dimana mereka harus mengalami kekalahan dalam pertempuran yang menentukan melawan armada Octavianus, namun tampaknya Cleopatra bunuh diri bukan karena itu namun lebih karena ia tidak ingin dipermalukan oleh tentara Octavianus yang akan mengaraknya ke sekeliling Roma dengan tangan dirantai dalam kerangkeng sebagai tahanan pihak yang kalah dalam perang.

- Cleopatra bunuh diri digigit oleh ular kobra
Ini juga adalah sebuah kisah yang masih diragukan kebenarannya, kematian Cleopatra pada tanggal 12 Agustus 30 SM pertama kali dikisahkan oleh Plutarch, dimana dikatakan ia bunuh diri dengan gigitan dari Ular Kobra, namun ia tidak mengatakan bahwa ini adalah kejadian yang sebenarnya. Walaupun demikian ditemukan dua tanda kecil di lengannya seperti bekas gigitan binatang saat tubuhnya ditemukan didalam istananya.

8 comments:

  1. Replies
    1. Gila mbak.? Mintak rezeki ya sama allah. Bukan KYAI SOLEH PATI. Minta uang pake hal kayak gitu. Jangan bawa2 nama allah lah mbak.

      Delete
  2. THUMBSSS........ UP!!!!

    ReplyDelete
  3. Anonymous5:11:00 AM

    http://life-a-big-mystery.blogspot.in/2012/09/10-peninggalan-suku-inca-yang.html?showComment=1439554241824#c3236358150793785045http://life-a-big-mystery.blogspot.in/2012/09/10-peninggalan-suku-inca-yang.html?showComment=1439554241824#c3236358150793785045

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete