Thursday

Teotihuacan "Kota Para Dewa"

Teotihuacan merupakan sebuah situs kuno yang terletak disebuah lembah yang bernama sama yakni Teotihuacan dan berjarak hanya 30 mil dari kota Mexico City. Teotihuacan memiliki arti Kota para dewa atau tempat dimana manusia menjadi dewa.

Teotihuacan pada masanya merupakan sebuah kota yang berkembang pesat dan menjadi pusat seremoni, jauh sebelum suku Aztec mendiami wilayah Meksiko berabad-abad sebelumnya. Pada puncak kejayaannya Teotihuacan kemungkinan adalah kota terbesar di Meksiko dan kota terbesar ke-6 di dunia pada era 650 M, namun anehnya kota ini ditinggalkan begitu saja 100 tahun kemudian yakni pada tahun 750 M dan tidak ada yang tahu mengapa.

Pada masa puncaknya antara rentang waktu 500-600 M Teotihuacan diperkirakan dihuni oleh sekitar 200 000 jiwa. Kota ini dirancang dengan perencanaan yang baik dengan luas sekitar 8 mil persegi, jauh lebih besar dan lebih maju daripada kota-kota di Eropa pada masa itu. Peradaban ini sezaman dengan peradaban romawi kuno dan bertahan lebih lama, sekitar 500 tahun.

Meskipun para arkeolog telah lama terpesona dengan situs ini namun budaya maupun sejarah Teotihuacan sebagian besar masih menjadi Mystery. Peradaban ini meninggalkan reruntuhan bangunan dan piramida dalam jumlah besar dan hingga kini belum ditemukan adanya jejak peninggalan sebuah sistem tulisan dan masih sangat sedikit yang diketahui dengan pasti mengenai penduduknya, yang hanya sebatas diketahui bahwa pemukim pertama adalah bangsa Toltec lalu dikuasai bangsa Aztec.
Bangsa Aztec tidak tinggal dikota tersebut, namun mereka yang memberi nama tempat dan struktur utama yang ada di situs tersebut, mereka menganggap bahwa situs tersebut sebagai "Tempat para dewa" dimana mereka meyakini bahwa dari tempat tersebutlah dunia diciptakan.

Sejarah Teotihuacan

  • 100 SM - 0 M Proto-Teotihuacan (Dua dusun kecil dikantung utara lembah Meksiko, populasi - 5000)
  • 0 M - 150 M Teotihuacan I - (Avenue of the Dead dan Pyramid of the Sun berdiri)
  • 150 M - 300 M Teotihuacan II - (jaringan jalan dibuat)
  • 300 M - 650 M Teotihuacan III - (Puncak dari pengembangan, populasi = 85,000-200,000)
  • 650 M - 750 M Teotihuacan IV - Kemerosotan dan Keruntuhan
Selain Piramida untuk acara seremonial besar, di kota tersebut terdapat juga istana, kuil-kuil, khususnya dekat dengan ujung utara kota yang dikelilingi oleh plaza didepan Pyramid of the Moon (pyramid bulan). Ini termasuk istana Quatzelcoatl, istana kupu-kupu (Butterfly palace), kuil feathered conches, dan istana jaguar.
Kota ini mengalami kehancurannya sekitar tahun 700an M akibat penghancuran dan pembakaran yang disengaja oleh penakluk yang tidak diketahui. Meskipun satu abad sebelumnya pengaruh Teotihuacan di MesoAmerika telah memudar, menunjukkan telah terjadi kekacauan internal didalam wilayah tersebut dan kemerosotan yang berujung pada hancurnya peradaban mereka.
Ketegangan pertama muncul pada tahun 650 M, satu abad sebelum kehancuran mereka, populasi menurun dengan sangat drastis sehingga kota yang pernah jaya tersebut tak lebih dari serangkaian dusun di area seluas 1 km persegi.
Kehancuran Teotihuacan hampir sama cepatnya dengan kemunculan mereka untuk menjadi terkenal, meski begitu delapan abad kemudian Teotihuacan masih dipuja secara luas oleh bangsa Aztec sebagai tempat yang sakral namun tidak ada yang mengetahui siapa yang membuatnya atau bahwa pernah ada puluhan hingga ratusan ribu orang pernah tinggal disana.
Walau telah runtuh namun bagian dari kota tersebut masih tetap hidup hingga dua abad kemudian walaupun penduduknya telah menyusut hingga 1/4 dari total semula. Kasus seperti ini sepertinya menjadi kasus klasik bagi semua kota dan peradaban bangsa indian kuno di MesoAmerika. Beberapa arkeolog meyakini bahwa kasus tersebut terjadi karena merosotnya persediaan pangan akibat kekeringan dan berkurangnya pasokan air kedaerah tersebut.

Struktur Bangunan peninggalan Situs Teotihuacan

Pyramid of the Sun (Piramid Matahari)
Pyramid of the Sun adalah peninggalan di situs Teotihuacan yang terkenal, dibangun pada abad ke-2 M, Dahulu sebelum ditemukannya beberapa piramida baru di MesoAmerika dan pemugaran Red Pyramid di Mesir pada abad ke-20, Pyramid of the Sun merupakan pyramid terbesar ke-3 didunia. Pyramid ini mendominasi landskap kota Teotihuacan dan merupakan bangunan terbesar di komplek Teotihuacan.
Bangunan suci yang memiliki tinggi 220 kaki dan luas 650 kaki persegi ini pada masanya memiliki sebuah kuil terbuat dari kayu dipuncak piramid, yang memberikan pemandangan yang spektakuler bagi para pendeta Teotihuacan untuk melihat kota dibawahnya.
Seperti halnya piramida di MesoAmerika, Piramida di Teotihuacan adalah piramida yang dibangun bertingkat, tidak seperti di Mesir yang berbentuk mulus murni seperti struktur piramida dan bebatuan yang digunakan juga bukanlah bebatuan besar seperti yang digunakan di Mesir.
Pada masa puncak kejayaannya, hampir semua bangunan di Teotihuacan diplaster dan piramida yang ada di sana diberi cet warna merah.
Fitur menarik lainnya adalah beberapa struktur dari Pyramid terdapat lapisan yang luas dan tebal terbuat dari mika, yang mana harus dibawa dari Brazil, yang berjarak 2000 mil dari Meksiko.
Mika adalah bebatuan yang mudah patah dan rapuh, Namun dibawa dalam potongan-potongan yang sangat besar dari jarak yang jauh (dan saat itu tidak ada kenderaan beroda) lalu mika tersebut digunakan pada lapisan dalam piramid yang mana tidak dapat terlihat dari luar, kenapa dan untuk apa memakai mika? salah satu ciri mika adalah digunakan sebagai insulator dalam hal elektronik dan kelistrikan, apa tujuan dari pemakaiannya? ini adalah mysteri lainnya dari Teotihuacan.

Pyramid of the Moon (Piramid Bulan)
Piramid bulan terletak diujung utara dari Avenue of the Dead, yang merupakan pusat utama dari kota Teotihuacan, Piramid ini menghadap ke selatan yang dibangun sebagai bangunan utama di komplek piramid bulan.
Platform berjenjang lima melekat pada bagian depan piramid bulan, disebutkan bahwa pada masanya piramid tersebut memiliki struktur interior didalamnya, dan piramid ini adalah salah satu bangunan utama di Teotihuacan yang paling mudah dipahami.



The Ciudadela
The Ciudadela adalah semacam lapangan berpagar yang luas terletak ditengah-tengah kota, memiliki ukuran pada tiap sisinya 400m dan pada bagian interiornya dikelilingi oleh 4 platform besar yang dipintasi oleh pyramid.
Plaza utama memiliki kapasitas hingga 100 ribu orang tanpa kerumunan yang lebih banyak, Salah satu fungsi utama dari lahan besar tertutup ini kemungkinan adalah untuk acara ritual.
sementara itu pyramid utama dari komplek bangunan ditengah kota tersebut adalah The Feathered Serpent Pyramid yang dihiasi oleh patung berbentuk kepala yang besar dan merupakan struktur bangunan yang paling monumental di Teotihuacan.

0 comments:

Post a Comment