Thursday

12 Batu Dengan Keseimbangan Paling Menakjubkan

Bebatuan dengan formasinya kadang terlihat indah dan menarik, namun tidak halnya apabila terjadi erosi yang disebabkan oleh air dan angin, terkadang bebatuan menimbulkan bencana menghantam apapun yang merintangi jalannya, Begitu juga halnya dengan bumi ini merupakan sebuah planet yang tidak stabil, gempa bumi, letusan gunung berapi, air, angin, sinar matahari telah membawa perubahan pada wajah bumi kita sejak beribu bahkan jutaan tahun lalu namun yang luarbiasanya adalah terlepas dari aktivitas bumi seperti yang disebutkan tadi terdapat beberapa batuan yang mempertunjukkan keseimbangan yang luarbiasa, dibawah ini adalah daftar 12 Bebatuan didunia yang memiliki keseimbangan yang menakjubkan karena dalam kurun waktu sekian lama ia tetap berada pada tempatnya.

1. Brimham Rock

Formasi batu seimbang ini merupakan salah satu formasi dari bebatuan Brimham, memiliki nama lain Idol Rock berlokasi di Brimham Moor, North Yorkshire, Inggris yang merupakan sebuah batuan pasir besar yang seiring perjalanan waktu terkikis oleh erosi air dan angin, bagian bawah dari batu ini mengalami erosi paling cepat, jadi ada kamungkinan suatu saat batu ini akan kehilangan dasar yang menopang bagian atas.

2. Balancing Column
Batu berbentuk pilar ini terletak ditepi pantai terletak didaerah Digby, Nova Scotia, Canada. merupakan sebuah pilar batu basalt dengan ketinggian 30 kaki, dan hal yang paling menakjubkan adalah 50 persen dari badan batu berbentuk pilar ini berdiri tanpa penopang dibawahnya.

3. Balancing Rock Colorado
Sesuai dengan namanya, Batu seimbang ini berada di Colorado USA, berlokasi tepatnya di Garden of God, Pike dan dekat dengan tempat wisata lainnya Colorado Spring. Batu ini berada tepat diatas tepi jalan umum yang menjadikan orang yang melewati jalan tersebut menyaksikan sebuah pemandangan yang indah, asalkan tidak terjadi gempa saat mereka melewati jalan tersebut :P

 4. Khrisna Butterball
Sebuah batu bernama Khrisna Butterball merupakan sebuah batu glasier raksasa yang bertengger dilereng bukit di Mamallapuram, India.  5. Batu Glacier, Yosemite Park
Batu ini terdapat di taman nasional Yosemite, pada awalnya batu ini longsor kebawah bersama reruntuhan glacier es dan selanjutnya terletak dengan kemiringan yang stabil setelah es mencair.  6. Mother and Child (Ibu dan Anak) 
     

Formasi batu berbentuk seperti wajah ibu dan anak-anaknya ini berlokasi di bukit Matobo, Zimbabwe merupakan formasi batu yang sepenuhnya terdiri dari bebatuan granit, alam telah membuat karya seni yang menakjubkan dalam bentuk yang menyerupai manusia dan dikenal sebagai batu Mother and Child Kopje.

7. El Torcal de Antequera (Spanyol)
Struktur batu yang menyerupai jamur ini bernama El Torcal de Antequera dimana ini adalah formasi batu karst dan batu kapur, formasi bebatuan tua dan stabil ini terbentuk dari erosi sinar matahari,angin dan hujan yang menyebabkan batu-batu ini seperti bertingkat-tingkat atau seperti lapisan pancake, batu ini banyak menarik perhatian para turis, walaupun stabil namun tidak dianjurkan untuk memanjat batu ini.

8. Kjeragbolten (Norwegia)
Kjeragbolten meruakan sebuah batu berukuran 5 m persegi yang menyempil diantara dua buah dinding raksasa pegunungan Kjerag.Batu ini terjebak diatas ketinggian 1000m selama ribuan tahun. Dinyatakan bahwa aman untuk menaiki batu tersebut dan duduk diatasnya, namun saran saya jangan sekali-kali melihat kebawah :P

9. Peyro Clabodo, Sidobre, Prancis
Peyro Clabodo atau batu berkuku merupakan sebuah batu yang terletak di Languedoc, Prancis. Batu ini merupakan sebuah batu granit yang terkikis oleh erosi. Formasi bebatuan ini merupakan sisa dari aktivitas geology pegunungan lama yang membentuk Eropa Barat 300 juta tahun silam. Batu keseimbangan ini memiliki berat 780 ton. Suatu hari nanti, mungkin 1 milenium kedepan, batu ini hanya tinggal sejarah akibat erosi angin,matahari dan air hujan. jadi sebelum batu ini hanya menjadi tumpukan sedimen dan pasir ada baiknya suatu saat nanti anda berkunjung melihat secara langsung batu yang unik ini.

10. Chiremba Balancing Rocks
Chiremba Balancing Rocks secara tipikal sama dengan batu Sidobre, Prancis, terbentuk akibat cuaca, dimana angin,sinar matahari dan air dalam jutaan tahun membentuk batu seperti yang kita lihat saat ini. Lokasi batu ini tidak jauh dari ibu kota Zimbabwe yakni hanya beberapa mil dari kota Harare.

11. Batu berbentuk Topi Meksiko, Mexican Hat Rock
Jika dilihat dari jauh maka anda akan melihat batu tersebut seperti sebuah Sombrero, topi nasional Meksiko. Batu ini berlokasi di San Juan, Utah USA. Batu ini memiliki lebar 60 kaki dan ketebalan 12 kaki. Batu ini adalah bebatuan pasir merah yang masih dalam proses berkembang. Cepat atau lambat dasar batu yang menyangga bagian yang berbentuk topi itu akan terkikis selain itu memanjat batu ini akan semakin mempercepat erosi.

12. The Steady Hand of Man (Keseimbangan karya Manusia)
Jika 11 bebatuan sebelumnya adalah hasil karya alam, maka ini adalah batu seimbang hasil karya seorang seniman, Daliel Leite. Ia mengaku mendapatkan inspirasi dari objek-objek batu seimbang di seluruh dunia dan ia mencoba membuat batu keseimbangan sendiri namun dalam skala lebih kecil. Daliel Leite hanya memiliki sedikit informasi dan pengetahuan mengenai batu seimbang namun dari hal tersebut coba ia kembangkan dengan menerapkannya pada batu seperti kita lihat digambar.
Tidak diketahui apakah batu tersebut runtuh jatuh beberapa saat setelah di photo atau tidak.




0 comments:

Post a Comment