Friday

The Olympians - 13 Dewa Bangsa Yunani

The Olympians atau dikenal sebagai 13 Dewa dari gunung Olympus yang merupakan gunung suci sekaligus rumah para Dewa kepercayaan bangsa Yunani kuno (Ada yang menyatakan sebagai 12 Dewa Gunung Olympus, namun saya memasukkan Hades karena ia juga satu dari 3 Dewa penguasa kepercayaan Yunani, hanya saja Hades tidak memiliki singgasana di gunung Olympus karena lebih banyak menghabiskan waktu di dunia bawah tanah (dunia orang mati).

1. Aphrodite
Aphrodite merupakan dewi cinta, hasrat dan keindahan. Aphrodite adalah istri dari Hephaestus, namun ia juga pacar dari Ares sang dewa perang. Eros adalah putranya, dan ia adalah dewi yang paling tercantik diantara semua dewi kepercayaan Yunani.Simbol Aphrodite adalah tongkat, murad dan burung Merpati. Menurut legenda Aphrodite terlahir dari busa lautan yang tertutupi oleh bagian tubuh Uranus (buah zakarnya) yang dipotong oleh putranya sendiri, Kronos dekat Pafos di Cyprus. Setelah testis tersebut jatuh didekat pulau Kithira terbawa oleh air hingga ke Cyprus (Siprus) dan dari busa yang menyelimutinya (testis tersebut) terbentuklah seorang wanita yang sangat cantik yang menjadi dewi cinta yakni Aphrodite








2. Apollo
Apollo adalah dewa musik, peramal, puisi dan juga dewa panah. Disebut juga sebagai dewa terang dan kebenaran. Apollo diasosiasikan dengan Matahari dan dianggap juga sebagai dewa matahari. Apollo adalah dewa yang paling rupawan diantara para dewa-dewa. Apollo adalah saudara kembar Artemis yang merupakan anak dari Zeus dan Leto. Simbol Apollo adalah Busur, kecapi dan kemenangan.
Apollo juga dikenal sebagai dewa kesembuhan dan pengobatan namun juga sebagai pembawa kematian dan wabah. Pada abad ke-3 SM bangsa Yunani menyebut Apollo sebagai Helios atau dewa Matahari.
Sebagai pelindung Delphi, Apollo juga dewa dogmatis (keagamaan), dia juga sebagai berfungsi sebagai nabi dalam Oracle Delphi, yang membuat Apollo menjadi salah satu dewa terpenting Olympian.
Apollo memiliki banyak kekasih baik itu wanita maupun pria, seperti Hyacinth, Cyparissus, Hecuba, Kastalia, Lefkothea dan banyak lainnya.





3. Ares
Ares merupakan anak dari Zeus dan Hera, saudara dari Athena. Walaupun sering diasosiasikan sebagai dewa perang Olympia, Ares lebih tepat disebut sebagai Dewa kebiadaban perang, haus darah dan pembantaian. Oleh bangsa Yunani Ares selalu tidak dapat dipercayai dan walaupun adiknya Ares yakni Athena juga dewa perang, namun Athena lebih kepada pendekatan strategy sedangkan Ares cenderung kepada peperangan yang brutal dan tidak terduga.Tempat kelahiran dan tempat tinggal sebenarnya dari Ares adalah suatu tempat yang jauh, di Thrace diantara para Thracians suku barbar yang biadab dan gemar berperang. Ares pergi mengasingkan diri setelah ketahuan selingkuh bermesraan dengan Aphrodite di ranjang. Myth menyebutkan bahwa Apollo mematai-matai Ares yang tengah bermesraan dengan Aphrodite di aula Hephaestus, lalu melaporkannya. kejadian tersebut kepada suami Aphrodite yakni Hephaestus. Hephaestus lalu membuat rencana dengan memasang jaring perangkap untuk menangkap pasangan selingkuh tersebut. Pada saat yang tepat Jaring tersebut berhasil mengikat kedua orang itu dan Hephaestus ternyata belum puas dengan pembalasan yang ia lakukan, ia lalu memberitahu dewan konsul Olympia dan mengajak para dewa dan dewi menjadi saksi melihat pasangan selingkuh itu terjebak didalam jaring. Demi kesopanan para dewi menolak untuk melihatnya, namun semua dewa pergi melihatnya. Beberapa dewa berkomentar dan meledek Ares, terlebih lagi Aphrodite adalah dewi paling cantik di Olympia, sambil meledek Ares melihat keindahan Aphrodite mereka berkata bahwa mereka rela bertukar tempat dengan Ares. Setelah dilepaskan dari jaring tersebut Ares yang malu melesat pergi ke tanah kelahirannya, Thrace. Sebelum pergi ia mengutuk Alectryon menjadi seekor ayam jago, karena tertidur saat ia tugaskan menjaga pintu saat ia tengah berselingkuh dengan Aphrodite. Itu sebabnya mengapa hingga kini ayam jago selalu berkokok tidak lupa untuk memberitahukan kedatangan matahari di pagi hari.
Ares memiliki banyak anak dari para dewi dan wanita, diantaranya adalah Harmonia, Fovos, Remus, Romulus, Diomedes, dan juga Cycnus of Macedonia yang akhirnya dibunuh oleh Heracles (Hercules) karena berusaha membangun kuil dari tulang-tulang peziarah yang datang ke kuil.

4.Artemis
Artemis adalah dewi Perburuan dan alam liar, juga dewi bulan serta dewi kesucian, ia merupakan saudara kembar Apollo, sama seperti Apollo pada abad ke-3 SM, Artemis dipanggil sebagai Selene, dewi bulan.
Artemis adalah putri dari Zeus dan Leto.
Pada tiap patung pemujaannya Artemis selalu digambarkan bersama rusa, panah dan busurnya dan lokasinya selalu berada di hutan.
Artemis adalah dewa utama bagi masyarakat Ephesus, sebuah kota kuno yang terletak dibagian barat Turki, pernah dibangun sebuah kuil pemujaan buat dirinya yang dahulu merupakan salah satu dari 7 ancient wonders of world yang kini hanya tersisa the great pyramid khufu.
Perawan Artemis dipuja juga sebagai dewi kesuburan dibeberapa tempat, menurut beberapa mitos disebutkan bahwa Artemis turut membantu ibunya dalam persalinan kembarannya Apollo.



5. Athena
Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang dan kerajinan. Ia merupakan saudari Ares dan merupakan anak kesayangan Zeus.Athena disebutkan timbul dari kepala Zeus, merupaka dewa yang paling bijaksana, ia memiliki simbol aegis (pengayom), burung hantu dan pohon zaitu,
cerita myth menyebutkan bahwa Zeus menelan istri pertamanya Metis, karena takut akan ramalan bahwa anak lelakinya akan merebut tahtanya. Dalam penyesalan ia meminta kepada para dewa lainnya untuk memecahkan kepalanya, dimana dari situ Athena muncul, seorang putri yang lahir dalam keadaan yang sudah dewasa.
Athena kemudian menjadi satu-satunya anak Zeus yang paling disayang dan paling dipercaya, yang diberi perisai sihir dan satu-satunya yang diberi tahu rahasia dimana Zeus menyimpan senjata utamanya ledakan petir bercahaya (lightning bolt) disimpan. Athena merupakan sekutu dekat, pelindung utama sekaligus penasihat Zeus.
Athena tidak memiliki kekasih sehingga ia juga dikenal sebagai Parthenos Athena (Athena Perawan), selain Artemis terdapat juga sebuah kuil yang didekasikan untuk Parthenos Athena yang merupakan salah satu dari 7 ancient wonders of world, yakni kuil Parthenon untuk dewi Athena, yang berada di Acropolis Athena.
Athena walaupun tidak memiliki kekasih namun ia memiliki seorang putra bernama Erichtonius, yang dilahirkan oleh Gaia, hal ini terjadi saat upaya Hephaestus hendak memperkosa Athena namun semen dari Hephaestus mendarat di Gaia, setelah melahirkan Gaia memberikan Erichtonius pada Athena untuk dibesarkan.

6. Demeter
Demeter merupakan dewi kesuburan dan pertanian. Kadang-kadang karena merupakan dewi kesuburan Demeter sering dianggap sama dengan Gaia dan Rhea. Demeter merupakan anak dari Cronus dan Rhea, merupakan saudari Zeus, dan ibu dari Persephone, musim semi perdana. Demeter mengajarkan masyarakat menabur dan membajak dan oleh sebab itu ia sangat populer dimasyarakat pedesaan. Pada saat Persephone diculik oleh Hades, penguasa dunia bawah tanah, Demeter berkeliling keseluruh penjuru bumi mencari putrinya, dan selama ia mencari putrinya, tidak ada satupun tanaman yang tumbuh di bumi, lalu Zeus mengutus Hermes ke dunia bawah tanah untuk membawa pulang Persephone. Hades menyetujuinya namun pada saat gadis tersebut hendak meninggalkan dunia bawah tanah, Hades memberinya buah delima. Pada saat Persephone memakannya ternyata Hades telah memantrainya yang membuat Persephone berjanji bahwa ia hanya akan menghabiskan waktu dibumi dalam satu musim dan sisanya bersama suaminya Hades di dunia bawah tanah.
itu sebabnya Demeter hanya mengizinkan tanaman tumbuh selama musim panas saja pada saat putrinya berada bersama dirinya.
Pada kebudayaan kuno, Demeter selalu digambarkan duduk sendirian dan selalu menggunakan karangan bunga yang terbuat dari kulit jagung yang dikepang dikepalanya, simbolnya adalah buah-buahan yang ada di bumi serta obor yang ia gunakan untuk menemukan putrinya. Binatang sakral Demeter adalah ular yang menggambarkan hewan dibumi serta babi yang menggambarkan kesuburan.


7. Dionysus
Dionysus adalah dewa anggur, pesta/festival, kegilaan dan kegembiraan. Selain mewakili kekuatan anggur yang memabukkan juga kekuatan sosial dan pengaruh yang menguntungkan. Nama lainnya adalah Bacchus, juga dianggap sebagai dewa pelindung pertanian dan theater. Dionysus juga dikenal sebagai pembebas, membebaskan manusia dari diri normal mereka, oleh kegilaan dan kenikmatan anggur.
Dalam Mythology Yunani, Dionysus adalah anak Zeus dan Semele dan dia digambarkan dalam penampilan ia bersifat keperempuanan. Dionysus memiliki kelahiran yang tidak biasa dan sulit, ibunya adalah putri dari Cadmus, seorang wanita mortal (Fana) dan saat Hera mendengar bahwa Semele telah hamil mengandung anak Zeus, Hera cemburu lalu menyamar menjadi teman Semele sebagai seorang perawat dalam wujud wanita tua. Semele menceritakan bahwa ia mengandung anak Zeus, namun Hera pura-pura tidak mempercayainya sekaligus menanamkan keraguan dalam pikiran Semele bahwa yang menghamilinya bukanlah Zeus raja dari para dewa Olympia.
Seleme lalu mendatangi Zeus dan meminta Zeus menunjukkan bukti bahwa ia adalah seorang dewa, meskipun Zeus memintanya untuk tidak melakukan ini namun Semele terus memaksanya, dan akhirnya Zeus pun setuju.
Manusia mortal tidak akan mampu melihat wujud asli dewa sehingga Semele pun tewas terbakar, namun Zeus segera menyelamatkan bayi yang dikandung (Dionysus) dengan menjahit dan menyimpannya dibuah zakarnya. Beberapa bulan kemudian Dionysus pun lahir.
Arti nama Dionysus tidak ada kejelasan yang pasti. Para penulis Yunani kuno mengasosiasikannya dengan Nysa, nama dari Nymph yang menyusui nya dan merawatnya atau nama sebuah gunung dimana ia dikunjungi oleh para Nymph, yakni Nysiads. Para Nymph ini yang merawat dan memberinya makan yang oleh Hermes katakan membuat Dionysus menjadi Imortal.
Dionysus memiliki beberapa orang anak diantaranya Aglaea, Euphorisyne, Thalia, Oenopion, Phthonus, Acis Deianeira  dll

8. Hephaestus 
Hephaestus adalah dewa api, teknology, pandai besi, pengrajin dan logam. Hephaestus merupakan anak Zeus dan Hera, namun sebenarnya Hephaestus merupakan anak yang hanya lahir dari Hera saja, karena Hera cemburu Zeus membuat anak dari dirinya sendiri yakni Athena yang keluar dari kepala Zeus.
Hephaestus digambarkan sanga jelek dan kakinya pincang karena saat bayi ia dilempar keluar dari gunung Olympus. Hephaestus memiliki istri Aphrodite namun Aphrodite membencinya karena wajahnya yang sangat jelek sehingga berselingkuh dengan saudara Hephaestus yakni Ares.
Hephaestus juga pernah mencoba memperkosa Athena namun sebelum sempat melakukan usahanya ia malah ejakulasi pada Gaia yang akhirnya melahirkan anak bernama Erichthonius yang merupakan raja pertama Yunani dan dipelihara oleh Athena.
Hephaestus dibuang Hera dari gunung Olympus karena kakinya yang layu (polio) ia lalu jatuh dilaut dan dipelihara oleh Thetis (ibu Achilles) dan Eurynome (mahluk seperti mermaid).
Namun dalam catatan myth lainnya disebutkan Hephaestus jatuh dari gunung Olympia karena hendak menolong ibunya, Hera yang hendak dibuang Zeus kebawah, Hephaestus jatuh di pulau Lemnos dimana ia dirawat dan dididik untukmenjadi seorang ahli logam oleh suku Sintians yang merupakan suku kuno penduduk asli yang mendiami pulau tersebut.
Hephaestus merupakan satu-satunya dewa Olympia yang berhasil kembali setelah diasingkan, diceritakan bahwa Hephaestus berhasil membalaskan dendamnya terhadap Hera dengan membuatkannya sebuah kursi singgasana terbuat dari emas yang magis, ia menyuruh Hera untuk duduk yang membuat Hera tidak mampu untuk berdiri kembali, saat para dewa menyuruhnya untuk pergi ke Olympia untuk membebaskan Hera, ia menolaknya dengan mengatakan bahwa ia tidak punya ibu.
Akhirnya Dionysus dikirim untuk menemuinya, berbagi anggur hingga mabuk, lalu keduanya kembali ke gunung Olympus,
Hephaestus dijodohkan dengan Aphrodite karena Zeus takut oleh kecantikan Aphrodite yang luarbiasa membuat para dewa di Olympus saling bertempur untuk memperebutkan Aphrodite.
Hephaestus di pulau Limno memiliki seorang permaisuri yakni Peri (Nymph) laut bernama Cabeiro dan memiliki anak dua orang anak yang bernama Cabeiri yang merupakan dewa logam.
Selain itu Hephaestus memiliki istri di Sicilia yang bernama Aetna Nimfa dan anaknya adalah dua dewa geyser Sicilia yang dipanggil dengan nama Palici.


9. Hera
Hera merupakan dewi perkawinan, dan pelindung para istri, walaupun begitu Hera cemburu pada para istri Zeus yang berasal dari wanita Mortal dan memberikan mereka hukuman.
Hera dibesarkan oleh para Titan di lautan dan oleh Thetys.
Walaupun dipanggil dengan sebutan "Wajah Sapi" namun Hera sebenarnya salah seorang dewi yang tercantik di gunung Olympus. Walaupun Hera memiliki rupa yang sangat bagus namun tidak dengan hatinya, dia kejam, pengatur dan selalu memberikan hukuman dan balasan kepada para wanita yang diperistri oleh Zeus.
Hanya ada satu dari sekian banyak myth tentang yunani kuno yang memuji Hera, sebagai pelindung yang mulia,pahlawan yang anggun, inspirasi dari perbuatan heroic, quest of golden fleece.
Hera terpaksa menikahi Zeus walaupun ia sama sekali tidak menyukainya, seringkali Zeus merayunya namun tidak berhasil, menyadari rayuannya tidak berhasil, Zeus menyamar sebagai seekor burung yang terluka, Hera merasa kasihan pada burung tersebut dan meletakkan kedekat payudaranya untuk menghangatkan burung tersebut. Zeus mengambil keuntungan dari situasi tersebut dan memperkosanya. Terkait nasib yang menimpanya membuat Hera terpaksa menikahi Zeus untuk menutupi aibnya.
Walaupun Zeus adalah suami sekaligus raja dari para dewa, Hera bukanlah istri yang setia buat Zeus, seringkali ia memprovokasi dewa lain untuk memberontak mengambil tahta Zeus.
Hera juga pernah membius Zeus dan dewa-dewa lain mengikatnya, namun karena belum bisa memutuskan apa yang hendak mereka lakukan membuat para dewa tersebut saling bertengkar tentang siapa yang akan menggantikan posisi Zeus. Briareus yang mendengar perdebatan sengit para dewa diam-diam mengurai simpul tali yang mengikat Zeus dan membebaskannya. Zeus segera melompat dan meraih tongkat petirnya.Sebagian dewa berlutut mengemis memohon ampun, lalu Zeus mengangkat Hera dan menggantungnya di langit dengan rantai emas, sepanjang malam Hera menangis kesakitan tapi tidak ada yang berani membantunya, akhirnya keesokan harinya karena Hera terus menangis membuat Zeus kasihan dan meminta Hera berjanji untuk tidak berkhianat sebelum melepaskannya. Hera tidak punya banyak pilihan selain setuju. Pada saat ia tidak memberontak lagi, Hera sering kali tertarik rencana-rencana Zeus dan mengecoh Zeus atas rancangan yang telah ia tetapkan.
Hera juga dikenal sebagai simbol kemewahan dimana sandalnya, kereta dan tahtanya terbuat dari emas murni, namun ini adalah hal biasa buat para dewa. Hewannya adalah sapi, burung melak dan elang. Hera memiliki utusannya sendiri, ratu pelangi yang bersayap, Iris. Saat ia tidak menyampaikan pesan, ia akan tidur dibawah ranjang Hera, dan Iris adalah salah satu orang yang dapat mengunjung dunia bawah tanah dan kembali dalam rangka mengambil air untuk persumpahan khidmat.Kota favorit Hera adalah Argos dan Sparta.
Simbol Hera adalah tongkat kerajaan, mahkota dan burung merak. Hera tidak memiliki fitur yang membedakan sehingga ia dapat diidentifikasi baik dalam representasi artistik melalui prasasti maupun konteks.


10. Hermes
Hermes dewa para pencuri, para pedagang dan para pengembara, dan juga penyampai pesan Zeus.
Hermes adalah anak Zeus dan Maia seorang peri salah satu Pleiades putri dari Atlas yang menyepi di gunung Kyllini. Hermes dilahirkan di gunung Kyllini, Arcadia. Hermes adalah dewa kedua termuda di gunung Olympus. Pada hari pertama ia dilahirkan ia sudah lari dari selimut yang membungkus dirinya yang dililitkan oleh ibunya, Hermes pergi ke Thessaly dan mencuri beberapa ternak yang dimiliki Apollo lalu ia bersembunyi disebuah gua dan menciptakan kecapi yang ia buat dari usus sapi dan tempurung kura-kura.
Apollo mengeluh pada Maia bahwa anaknya telah mencuri hewan ternaknya, namun ia sudah kembali kedalam selimutnya sehingga Maia menolak untuk mempercayai perkataan Apollo. Zeus memihak pada Apollo namun pada saat itu Hermes mulai memainkan musik dari kecapi yang ia buat. Apollo selaku dewa musik jatuh cinta kepada instrumen tersebut dan menawarkan hewan ternaknya sebagai ganti kecapi tersebut. Apollo menjadi seorang ahli kecapi, lalu Hermes juga menemukan Syrinx sebuah instrumen musik berbentuk pipa yang juga diakuisisi oleh Apollo dimana alat tersebut ditukar dengan Cadeceus, sebuah tongkat yang milik Apollo yang akhirnya menjadi simbol Hermes, tongkat yang bentuknya seperti lambang kedokteran
Zeus mengangkat Hermes sebagai pembawa pesannya karena Hermes adalah dewa yang memiliki lari paling cepat sebab ia memiliki sepasang sepatu bersayap. Hermes juga digambarkan membawa sebuah tongkat sihir, juga sebagai penuntun jalan orang mati menuju dunia bawah tanah.
Hermes juga seorang penemu, selain kedua alat musik tersebut ia juga ahli penemu skala musik, astronomy, ukuran berat, tinju, senam dan cara perawatan pohon zaitun. Ia juga adalah dewa Olympia untuk perbatasan dan para pengelana yang menyebrangi nya, dewa bagi para penggembala dan orator serta kecerdasan, sastra dan penyair.
Hermes memiliki beberapa anak dan salah satunya adalah Pan, anak seorang dewa yang berwujud seperti kambing. Pan adalah anak Hermes dan seorang peri bernama Dryope. Dalam tulisan Homer, Dryope lari meninggalkan anaknya setelah melihat sang anak yang keturunan dewa ternyata lahir dalam wujud seekor kambing.
Hermaphroditus salah seorang anak Hermes lainnya adalah anak abadi Hermes dengan Aphrodite yang berubah menjadi seseorang yang berkelamin ganda. Hal ini terjadi atas permintaan seorang peri air Salmacis yang berharap bahwa ia dan Hermaphrodite tidak pernah terpisahkan. Tubuh Salmacis bersatu didalam tubuh Hermaphrodite yang membuat ia memiliki kelamin ganda dimana digambarkan berwajah wanita dengan alat genital lelaki.

11. Poseidon
Poseidon adalah saudara Zeus, Dewa lautan, kuda dan gempa bumi. Poseidon merupakan anak dari Kronus dan Rhea dimana ia memiliki saudara : Hestia, Demeter, Hera, Zeus, dan Hades.
Seusai pemberontakan mereka terhadap ayah mereka sendiri, Kronus, bersama kedua saudaranya yang lain yakni Zeus dan Hades mereka membagi dunia dalam 3 bagian, Poseidon menjadi penguasa Lautan, Zeus penguasa langit dan Hades penguasa dunia bawah tanah, dunia orang-orang mati.
Simbol yang diasosiasikan dengan Poseidon adalah lumba-lumba, trident dan tombak ikan bermata tiga.
Poseidon diandalkan oleh para pelaut untuk keselamatan mereka berlayar. Banyak orang mengorbankan kuda yang ditenggelamkan ke laut untuk persembahan buat dirinya, dia tinggal didasar lautan dalam sebuah istana yang terbuat dari karang dan permata dan mengendarai sebuah charriot yang ditarik oleh kuda.
Poseidon juga adalah seorang yang pemurung dan kadang tempramennya tidak bisa dikendalikan yang berimbas pada kerusakan. Pada saat mood nya sedang bagus ia akan menciptakan lahan baru di air dan laut yang tenang, namun saat mood nya lagi buruk Poseidon akan menyerang daratan dengan trisulanya yang menyebabkan gempa bumi, kecelakaan kapal dan tenggelam.
Poseidon memiliki banyak kesamaan dengan Zeus dalam urusan cinta, dan ia memiliki banyak wanita dan juga anak. Ia pernah menikah dengan seorang Nereid, Amphititre, dimana ia menciptakan kepulauan bernama Paxi untuk Amphititre dengan menekan tridentnya pada bagian terbesar selatan Corfu.
Pernikahannya dengan Amphititre menghasilkan anak bernama Triton, yang berupa separuh manusia separuh ikan. Poseidon juga menghamili Medusa Gorgon, yang menghasilkan Crysaor dan Pegasus, kuda terbang.
Poseidon juga melakukan pemerkosaan pada Aethra yang berujung pada lahirnya Theseus, dan Poseidon juga merubah Caeneus menjadi seorang pria atas permintaan Aethra.
Tindakan yang sama juga Poseidon lakukan terhadap Amymone saat ia berusaha lari dari Satyr dan Poseidon menyelamatkannya.
Keturunan Poseidon lainnya adalah Eumolpus, Giant Sinis (raksasa sinis), Polyphemus, Orion, raja Amycus, Protheus, Agenor dan Belus dari Eropa, Pelias dan raja Mesir, Busiris.
Poseidon juga jatuh cinta pada kakaknya, Demeter yang selalu menolaknya. Demeter merubah dirinya menjadi seekor kuda betina, namun Poseidon pantang menyerah dan merubah dirinya menjadi kuda jantan, hasil perkawinan mereka menghasilkan Orion yang berwujud kuda.
Poseidon juga terlibat kompetisi dengan Athena dalam hal merebut pengaruh para penduduk di Athena, untuk memenangkan kompetisi Poseidon melemparkan tombak ke tanah dan membuat musim semi di Acropolis Athena, namun Athena memberi mereka pohon zaitun. Athena memenangkan hati rakyat Athena, kesal dengan kekalahannya Poseidon murka dan membuat banjir daratan tersebut.
Namun sebenarnya dalam hal lain kedua dewa bekerja sama dalam banyak hal dan menggabungkan kekuatan mereka, walaupun Poseidon adalah dewa bagi para kuda dan lautan, namun Athena adalah pembangun pertama kereta kuda dan kapal yang berlayar dilautan yang diperintah oleh Poseidon.


12. Hades
Hades merupakan saudara Zeus dan Poseidon, penguasa dunia bawah tanah, dunia orang mati. Arti namanya adalah Yang tak terlihat. Hades memiliki nama lain Plouton yang berarti yang terkaya, lalu diadopsi oleh orang romawi dalam bahasa latin sebagai Pluto.
Simbol dari Hades adalah Helm of Darkness, atau helm kegelapan, Bident (tombak bermata dua), dan anjing berkepala tiga, Cerberus.
Ia juga adalah penjaga neraka bawah tanah dan juga penjaga penjara bawah tanah yang bernama Tartarus.
Hades anak dari Titan, Kronus dengan Rhea memiliki 3 saudari yakni Demeter, Hera dan Hestia dan dua saudara yakni Zeus dan Poseidon. Sebuah susunan asli dari 6 orang dewa Olympia.
Bersama saudaranya yang lain kecuali Zeus, Hades ditelan oleh Kronus karena khawatir akan kutukan Uranus bahwa dirinya akan dibunuh oleh anak-anaknya, namun atas permintaan Zeus, Kronus memuntahkan Hades dan seluruh saudaranya yang lain.
Ke-enam dewa muda ini setelah berkumpul menantang para dewa-dewa tua dalam sebuah pertempuran yang untuk merebut kekuasaan dalam sebuah perang besar yang dijuluki Titanomachy melawan ayah mereka dan para tetua titan lainnya. Perang tersebut berlangsung selama 10 tahun yang berakhir dengan kemenangan para dewa-dewa muda ini. Lalu mereka membagi kekuasaan atas 3 wilayah, langit, lautan dan dunia orang mati.
Hades memperoleh Persephone yang ia jadikan istri dan ratu lewat sebuah trik ditambah penculikan dan kekerasan.
Terlepas dari istilah modern yang menganggap dunia orang mati dan kematian sebagai tokoh antagonis, dalam mitology sebenarnya Hades cenderung lebih berkorban. Hades digambarkan sebagai seorang pasif dan bukannya jahat, perannya juga menjaga keseimbangan yang relatif, Hades hanyalah penguasa atas orang-orang yang sudah mati. Dia menjaga agar mereka tidak keluar dari wilayah kekuasaannya dan benar-benar marah jika seseorang mencoba mencuri jiwa jiwa yang ada diwilayah kekuasaannya.
Murkanya akan hal ini sama mengerikannya bagi siapa saja yang menipu kematian ataupun menghianatinya.
Selain Heracles (Hercules) orang-orang yang pernah masuk dan berhasil keluar dari Underwold adalah para pahlawan Yunani seperti Odysseus, Aenas, Orpheus, Thesseus, Pirithous dan Psyche.
Tidak satupun dari mereka senang menyaksikan apa yang mereka lihat di dunia bawah tanah (dunia orang mati).
Hades walaupun salah seorang dewa gunung Olympus namun ia lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia orang mati, itu sebabnya ia tidak memiliki singgasana di gunung Olympus terlepas dari perannya sangat besar dalam perang Titanomachy, dimana ia sangat ganas yang akhirnya mendudukan Zeus sebagai raja para dewa.

13. Zeus
 Zeus adalah raja para dewa yang berkedudukan di gunung Olympus, dewa langit dan petir, dewa terkuat yunani (walau dalam beberapa syair hal ini diperdebatkan) juga ayah dari banyak tokoh legenda Yunani yang terkenal
Zeus merupakan anak terkecil dari Kronus dan Rhea, yang diselamatkan oleh Rhea saat hendak ditelan Kronus, Rhea melarikan Zeus ke gunung Ida di pulau Kreta, namun banyak versi mengenai siapa yang membesarkan Zeus diantaranya adalah Gaia, lalu seekor kambing bernama Amalthea, lalu ada yang menyatakan bahwa ia dibesarkan oleh peri bernama Adamanthea, ada juga yang mengatakan ia dirawat oleh peri bernama Cynosura, lalu ada yang mengatakan bahwa ia dirawat oleh Melissa yang menyusuinya dengan susu kambing, lalu ada yang menyatakan bahwa ia diserahkan pada keluarga penggembala dimana mereka dijanjikan bahwa hewan gembalaan mereka akan aman dari gangguan serigala. Setelah dewasa Zeus menikahi saudarinya Hera yang selalu mencemburuinya, karena ia dikenal juga sebagai dewa dengan banyak petualangan erotis.
Masyarakat Yunani kuno menyembah Zeus sebagai dewa utama, dan mereka membuat koin tertua yang pernah ada yang bergambarkan wajah Zeus, selain itu Phidas beserta pematung Yunani lainnya membuat sebuah patung raksasa bergambarkan Zeus yang terbuat dari gading dan emas dan saat patung tersebut selesai diletakkan disebuah kuil duduk diatas tahta beserta catatan dan tulisan mengenai myth dan legenda Yunani kuno. Patung ini juga termasuk dalam 7 ancient wonders of world.
Anak-anak Zeus antara lain juga diantaranya juga termasuk dewa bangsa Yunani yakni Athena, Apollo, Artemis, Hermes, Persephone, Dionysus, Perseus, Heracles, Helen of Troy, Minos dan Muses. Sedangkan dari Hera ia memiliki anak Ares, Hephaestus dan Hebe.
Selain itu Zeus masih memiliki banyak anak lainnya dari puluhan dewi dan manusia biasa.

3 comments:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kpk-eks-istri-setnov-beberapa-kali.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/tentukan-kemerdekaan-catalonia-mulai.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/jokowi-akui-sulitnya-bangun-pembangkit.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM


    ReplyDelete
  2. ingin permainan yang pasti.. yuk gabung di ion-qq-com.. pin bb : 58a-b14-f5

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Bonus New Member Terbesar Dari Axakartu Yang Merupakan Salah Satu Agen IDN Poker Terpercaya Dalam Melayani Pendaftaran Poker Online Indonesia.

    -Bonus Member Baru 50%
    -Super Bonus Deposit 5% + 100%
    -Bonus Hiburan Kartu JP Hingga 300K
    -Bonus Deposit Harian 5%
    -Bonus Mingguan Hingga 0,5%

    -Minimal Deposit Bonus Member Baru 100K
    -Minimal Deposit Super Bonus Deposit 150K
    -Minimal Deposit Bonus Deposit Harian 100K

    Bonus Mingguan Dibagikan Setiap Hari Kamis, Jika Capai Target TurnOver 1JT Bonus Akan Dibagikan.

    Daftar Poker Online Indonesia

    Poker Online

    Situs IDN Poker

    Poker Online Bonus New Member Terbesar

    Agen Poker Indonesia

    Daftar Poker Online

    Poker Uang Asli Terbaru

    AXAKARTU

    Dewa88

    Bagi Bonus Terbesar Indonesia

    ReplyDelete