Friday

Nguoi Rung, Bigfoot dari Vietnam, Myth Legend atau Sisa Homonid Zaman Dulu?

Nguoi Rung yang diterjemahkan dari bahasa Vietnam memiliki arti Manusia Hutan, dilaporkan sebagai manusia yang mirip seperti kera, mirip dengan keberadaan Bigfoot atau Yeti,  Nguoi Rung hidup di kawasan hutan lebat di Vietnam. Deskripsi dari penampakan mahluk ini bermacam-macam dari yang besar hingga kecil dari yang rambut tumbuh ditubuhnya yang berwarna abu-abu hingga berwarna coklat dan hitam dan kadang kemerahan. Mereka terlihat sendirian atau berjalan bersama kelompoknya. Mereka terlihat berjalan tegak dengan kedua kakinya. Mahluk ini tidak hanya dikenal di Vietnam namun juga di negara tetangganya yakni Kamboja dan Laos. Laporan pertama kali yang dipublikasikan mengenai penampakan mahluk ini ditulis oleh Jules Harris seorang warga negara Prancis pada tahun 1944 yang membuat catatan serangkaian penampakan "L'Homme Sauvage" diantara suku minoritas Jarrai, Banhar dan Sedang. Namun penampakan mahluk ini paling sering dilaporkan pada tahun 1974 saat frekwensi perang di negara tersebut menghebat.
Jendral Hoangh Minh Tao, panglima pasukan Vietnam didarah utara di daerah dataran tinggi tengah (Central Highland) pernah meminta para ilmuwan melakukan penelitian dikawasan utara Kontum untuk meneliti keberadaan mahluk yang oleh penduduk setempat dipanggil sebagai Nguoi Rung.
Para ilmuwan yang berangkat untuk melakukan penelitian tersebut adalah Prof Vo Quy dan Le Vu Khoy dari Universitas Hanoi serta Prof Hoang Xuan Chinh dari Institute of Archaelogy Hanoi.
Tim ekspedisi ini gagal mencari keberadaan lokasi Nguoi Rung, walaupun begitu mereka kembali dengan jejak kaki yang ditemukan oleh Vo Quy. Jejak kaki tersebut dipelajari dan dianalisa oleh para ilmuwan Vietnam, jejak itu digambarkan lebih lebar dari jejak kaki manusia dan terlalu besar dari jejak kaki kera.
Pada tahun 1982, Prof Tranh Hong Viet dari Pedagogic University,Hanoi juga menemukan jejak kaki aneh yang mirip dengan jejak kaki manusia namun lebih lebar daripada jejak kaki manusia normal dan ibu jari kaki tersebut lebih besar daripada ibu jari kaki manusia modern. Tapak kaki ini ditemukan di lereng gunung Chu Mo Ray, pegunungan Mom Tiam dekat perbatasan Kamboja.
Seorang Anthroplogis Vietnam, Dang Ngiem Vanh yang merupakan kepala dari Hanoi's Institute for Religious Study melakukan pengumpulan data cerita-cerita dari masyarakat dibagian utara Vietnam hingga ke dataran tinggi bagian tengah. Cerita ini termasuk cerita myth tentang sesuatu mahluk yang kecil namun sangat kuat yang mengetahui penggunaan api dan memakan moluska hutan. Berdasarkan penelitian Vanh, Nguoi Rung ini pada malam hari sering berkunjung ketempat dimana manusia berkumpul dan menyalakan api, mereka kadang duduk disamping manusia namun tidak berbicara, dan jika berbicara bahasa mereka tidak jelas.
Ahli Cryptozoology bernama Bernard Henvelmans menyatakan bahwa setidaknya ada beberapa kemungkinan bentuk dari Nguoi Rung ini, mungkin adalah sisa populasi dari spesies manusia awal, mungkin spesies Homo Pongoides, sebuah nama yang Bernard Henvelmans berikan pada hominid yang pernah ia periksa.
Selain itu ahli Cryptozoology lainnya, Ivan T Sanderson yang pernah meneliti fosil manusia didalam balok es menyatakan bahwa Nguoi Rung kemungkinan adalah homonid yang mirip Neanderthal seperti Minnesota Iceman sebuah specimen yang menghilang tanpa jejak dan telah menjadi mystery dan kontroversi.

Penampakan:
Tidak hanya penduduk lokal Vietnam saja yang melaporkan penampakan Nguoi Rung, 6 orang tentara Amerika yang sedang berpatroli dari 101's Airborne Division di hutan pegunungan dataran tinggi bagian tengah tiba-tiba terkejut mengira bahwa ada tentara vietnam utara yang muncul dari rerimbunan semak. Apa yang mereka saksikan bukan seperti yang mereka kira sebelumnya, seseorang dengan kepala berbentuk lonjong dengan rambut yang menutupi wajah, memiliki bentuk mata yang dalam dan berwarna coklat. Para tentara tersebut tidak berbuat apapun berhadapan dengan mahluk berahang berat dan mulut yang seperti orang marah itu. para tentara tersebut hanya terpisah 5 m dari mahluk yang juga digambarkan memiliki bahu lebar lengan yang panjang dan berotot tebal.

Statistik Nguoi Rung (Where applicable)

- Klasifikasi   = Hominid
 - Ukuran      = sekitar 4-6 kaki
- Berat         = Tidak diketahui
- Makanan   = Tidak diketahui
- Lokasi       = Vietnam, Kamboja dan Laos.
- Pergerakan= Berjalan tegak dengan kedua kaki
- Lingkungan= Hutan Lebat


1 comment: