Saturday

12 Kota Berbenteng Yang Paling Mengagumkan di Dunia

Anda suka tour dan travelling? setidaknya saya bisa menyarankan anda untuk melihat-lihat salah satu dari 12 kota yang dikelilingi oleh dinding benteng namun dalam arsitektur dan bentuk yang membuat kota tersebut menjadi indah.
Pada awal mulanya benteng-benteng tersebut dibuat untuk pertahanan kota tersebut dari musuh yang hendak menyerang, mulai dari awal sejarah hingga ke masa modern. Pada zaman dahulu hampir menjadi kebutuhan wajib untuk setiap kota, kota-kota yang dibentengi oleh dinding-dinding tebal tersebut hanya bisa dimasuki melalui gerbang utama yang selalu ditutup setiap malam setelah jam malam berbunyi. Saat ini hanya tinggal beberapa kota yang memiliki dinding benteng terawat dan menjadi objek tourism untuk dikunjungi oleh para tourist yang kebanyakan masih menyisakan bangunan dinding pertahanan kota tersebut dari abad pertengahan.

12. York

York adalah sebuah kota kuno yang terletak di utara Inggris, didirikan pertama kali oleh bangsa romawi lalu diambil alih oleh bangsa Anglo, kemudian ditaklukkan bangsa Viking, dan pada akhirnya masuk menjadi bagian dari kerajaan Inggris pada tahun 954. Keelokan kota ini ditambah oleh adanya gereja Gothic terbesar di Eropa utara. Pembangunan dinding-dinding benteng pelindung kota ini sudah dimulai sejak zaman Romawi, namun kini dinding benteng yang tersisa merupakan peninggalan masa abad pertengahan antara abad ke-12 hingga ke-14 M.

11. Harar
Harar merupakan sebuah kota kuno yang dikelilingi oleh benteng di timur Ethopia, Harar sebelumnya sempat menjadi sebuah pusat perdagangan utama, terhubung oleh jalur perdagangan antara afrika dengan daerah arab. Kota kuno yang memiliki 82 mesjid ini, 3 diantaranya diperkirakan dibangun pada abad ke-10 M. Selain itu dikota ini terdapat 102 buah tempat suci lainnya. Dahulu kota ini menjadi salah satu kota terpenting dari kesultanan Adal, sebuah kesultanan islam diabad pertengahan yang terletak di tanduk Afrika. Pada abad ke-16 kota ini dikelilingi seluruhnya oleh dinding benteng dengan 5 buah pintu gerbang. Dinding benteng yang melingkari kota tersebut disebut dengan "Jugol" dan hingga kini masih tetap utuh dan menjadi simbol kota.

10. Taroudant
Taroudant adalah kota kaum berber yang sangat menarik dan otentik dijantung lembah Souss, kota yang berada di negara Maroko ini terlindungi dengan baik oleh dinding-dinding kokoh yang membentengi kota tersebut. Kota ini memiliki panggilan "Nenek dari Marakesh" (Marakas/Marakesh adalah ibu kota lama dari Maroko), karena kesamaan kota tersebut dari Marakesh, kota ini berdiri di abad ke-16 dimasa dinasti Saadi. Saat ini Taroudant adalah sebuah kota perdagangan dimana pada kedua lapangan utama kota ini menjadi tempat jual beli.

09. Toledo
Toledo adalah sebuah permata yang terlupakan dan terabaikan, sempat menjadi mantan ibu kota dari kerajaan Spanyol maka sejarah Toledo dapat ditelusuri kembali ke zaman Romawi, dimana kota ini diduduki oleh bangsa Romawi, lalu diikuti selanjutnya oleh penundukan yang dilakukan oleh bangsa Visigoth, lalu oleh penakluk Muslim hingga akhirnya pada tahun 1085 Reconquista of Toledo menguasai kota ini dan menjadi ibu kota kerajaan Spanyol hingga pertengahan 1500an, dimana penguasa Spanyol memindahkan istana ke kota Madrid, Kota ini sangat strategis dimana dikeliling di ketiga sisinya oleh sungai Tajo dan dua dinding tebal dari abad pertengahan pada sisi lainnya. Toledo merupakan kota yang sangat menarik untuk dikunjungi apabila anda menyukai travelling sekaligus petualangan.

08. Pingyao

Pingyao adalah sebuah kota kecil di China yang terkenal karena tembok kuno yang mengelilingi kota tersebut terawat dengan sangat baik, Dinding megah yang meliputi diantaranya terdapat 6 gerbang utama dan terdapat sekitar 72 menara pengawas yang mengelilingi kota tua ini. Pingyao telah sedikit berubah arsitektur kota tersebut sejak 300 tahun terakhir. Pada tahun 2004 bagian dinding selatan sempat rubuh namun direkonstruksi ulang oleh pemerintah China, sedangkan sisa-sisa tembok lainnya tetap utuh sehingga Pingyao dianggap sebagai salah satu kota dengan dinding benteng yang paling terawat didunia.

07. Obidos
Obidos adalah sebuah kota yang terletak disebuah bukit yang terlindungi oleh dinding benteng yang melindungi kota tersebut. Pada abad ke-8 bangsa Moor mendirikan sebuah benteng di bukit tersebut, lalu pada tahun 1148, raja Portugal, Afonso Henriques mengambil alih benteng tersebut dari bangsa Moor. Selanjutnya pada abad ke-14 kastil dan dinding benteng tersebut direnovasi, dinding-dindingnya terbuat dari batu kapur dan marmer, pada masa itu juga terjadinya perluasan kota, dimana pemukiman dibuat diluar dinding benteng. Hingga saat ini tampilan kota dari abad pertengahan masih terawat dengan baik mulai dari jalan-jalan yang ada dikota tersebut, alun-alun, tembok serta kastil besar membuat kota ini menjadi kelihatan begitu indah dan menjadi daya tarik wisata bagi para tourist yang berkunjung ke Portugal.

06. Xi'an
Xi'an merupakan salahsatu kota tertua di China, telah melalui perjalanan sejarah lebih dari 3100 tahun, zaman dahulu kota ini merupakan sebuah ibukota untuk 13 dynasti dan sekitar 73 kaisar yang pernah berkuasa memerintah dari kota ini.Xi'an adalah merupakan ujung paling timur dari jalur sutra dan merupakan tempat lokasi ditemukannya pasukan terrakota. Kota ini terlindung dengan baik oleh dinding-dinding benteng, dimana dinding-dinding benteng kota tersebut sempat direnovasi diabad ke-14 oleh dynasti Ming, Xi'an merupakan salah satu kota terbesar yang dikelilingi oleh dinding yang membentengi kota.

05. Itchan Kala
Itchan Kala adalah kota yang dikelilingi oleh dinding yang membentengi yang terletak di Khiva Uzbekistan. Kota tua ini tetap mempertahankan monumen bersejarah maupun rumah-rumah kuno yang sebagian besar berasal dari abad ke-18 maupun ke-19. Fitur paling menarik di Itchan Kala adalah bangunan dindingnya yang terbuat dari batu bata yang dibuat dari lumpur yang dikeringkan oleh sinar matahari yang membuat warnanya cukup eksotis, selain itu terdapat 4 gerbang disetiap sisi benteng yang memiliki bentuk 4 persegi panjang ini.Tembok kota ini sempat hancur beberapa kali namun oleh penduduk selalu dibangun kembali.

04. Avila

Kota yang berlokasi di barat Spanyol ini dibangun diatas sebuah puncak bukit berbatu yang datar. Kota dari abad pertengahan memiliki tembok kota yang megah yang mengelilingi seluruh kota tua. Benteng kota Avila memiliki 9 gerbang dan 88 menara. Tembok-tembok yang mengelilingi kota ini pada umumnya dibangun antara abad ke-11 dan abad ke-12 M.

03. Carcassonne
Carcassonne terletak di Prancis, kota ini dapat dikatakan sebagai salah satu kota yang hampir sempurna keseluruhan area kota tersebut dikelilingi oleh dinding benteng dan juga kota terbesar di eropa yang dikelilingi oleh dinding benteng. Fortifikasi kota ini terdiri dari dua dinding luar, serta menara yang dibangun dalam periode waktu yang panjang. Satu bagian dinding benteng dibangun oleh bangsa Romawi, dan secara umum tampak berbeda dengan dinding lainnya yang dibangun pada abad pertengahan dimana dibuat dari batu bata merah dan atap genteng dari tanah liat.Salah satu menara yang ada di kota tersebut adalah tempat inquisisi bagi gereja katolik, dan dikenal sebagai "The Inquisition Tower" selain itu kota ini menjadi setting pembuatan film Robin Hood, Prince of Thieves tahun 1991 dimana film tersebut berlokasi di Carcassonne dan sekitarnya.

02. Jerusalem
Jerusalem adalah kota suci bagi 3 agama besar didunia: Islam, Kristen dan Yahudi dan merupakan sebuah tempat yang asik dan unik dimana melihat kota peninggalan dari abad pertama hingga bangunan modren abad ke-21. Dinding tembok benteng Jerusalem sampai akhir abad ke-19 mengelilingi seluruh kota yang disebut kota tua, yang terbagi dalam 4 bagian yakni the quarters Armenia, Kristen, Yahudi dan Muslim. Jerusalem sejak zaman kuno telah dikelilingi oleh dinding pertahanan. Pada abad ke-16 dimasa pemerintahan dynasti Ottoman dilakukan kembali pembangunan tembok-tembok kota pada sisa tembok kuno yang ada, konstruksi ini berlangsung sejak tahun 1535-1538 M. Dinding tembok pertahanan kota yang dibangun oleh dinasti Ottoman tersebutlah yang masih dapat kita saksikan hingga saat ini.

01. Dubrovnik
Dubrovnik merupakan sebuah kota dikelilingi dinding benteng yang sangat indah yang terletak dibagian selatan Kroasia dipinggiran pantai laut Adriatik. Kota ini mendapat julukan sebagai "Mutiara dari Adriatik/ Pearl of Adriatic". Kota ini merupakan tujuan tujuan utama yang paling menonjol bagi para turis didaerah Mediterania.Kota ini dibangun pada awal mulanya sebagai kota perdagangan maritim, di abad pertengahan Dubrovnik menjadi satu-satunya kota yang mampu menyaingi Venesia dan mampu mencapai tingkat pembangunan yang luar biasa selama abad ke-15 dan abad ke-16. Dinding-dinding benteng yang melindungi kota ini yang terkenal hingga keseluruh dunia dibuat mengelilingi kota tua, dibangun sejak abad ke-12 hingga abad ke-17.




0 comments:

Post a Comment