Friday

8 Mahluk Myth dari Jepang

Setiap kebudayaan yang ada di dunia tidak terlepas dari kisah-kisah Myth ataupun cerita rakyat yang menjadi legenda, terlepas dari kebenarannya atau tidak namun hal ini dipercayai turun temurun oleh bangsa yang memiliki alur tradisi myth tersebut. Jepang juga salah satu negara yang memiliki kebudayaan dimana banyak sekali mahluk-mahluk ataupun tokoh yang ada dalam kisah mythology jepang.

1. Akki (Wicked Oni - Hantu Jahat)
Akki (Wicked Oni) berasal dari cerita rakyat Jepang, dimana jika diterjemahkan berarti setan, hantu, Ogre atau pun Troll (hantu gunung). Penggambaran dari mahluk ini bervariasi, ada yang menggambarkan mereka sebagai mahluk mengerikan berbentuk raksasa dengan cakar-cakar panjang dan tajam, rambut yang tak teratur, memiliki dua tanduk dikepala. Pada banyak bagian tubuh mereka adalah Humanoid, namun hal yang membedakan selain bertanduk adalah fitur mereka yang tidak alamiah seperti keganjilan pada mata mereka dan jari tangan mereka yang lebih banyak. Penjelasan tentang warna kulit mereka berbeda-beda, ada namun warna merah dan biru adalah yang umum dikatakan orang. Akki digambarkan memakai kulit macan sebagai cawat dan membawa pentungan terbuat dari besi hal ini menggambarkan mereka sebagai mahluk kuat yang tak terkalahkan.Ini juga untuk menggambarkan "kekuatan diatas yang terkuat"
Kata Oni berasal dari kata On'yomi yang bermakna yang untuk menyembunyikan. Kata Oni awalnya untuk roh yang tak terlihat atau dewa-dewa yang menyebabkan bencana, penyakit dan banyak hal tidak menyenangkan lainnya.
Berjalan seiring waktu, karakter Oni dalam versi modern digambarkan lebih seperti Ogre, sebagian lainnya berasal dari pembauran sinkritisme agama Buddha berwujud seperti raksasa India atau Yakhsa. Hantu yang lapar disebut Gaki, Oni digambarkan sebagai mahluk yang penuh nafsu dan pemarah


2. Akamataa

Akamataa adalah mahluk myth dari Okinawa, dimana mahluk ini digambarkan berwujud ular namun berkepala seorang wanita, hampir seperti kisah nyi blorong di pulau Jawa, Akamataa mencari seorang pria untuk dijadikan suami lalu dibawah kebawah air selamanya dan sebagai balasannya mereka memenuhi kebutuhan pasangannya dan jaminan hidup selamanya.










3. Gashadokuro
Gashadokuro atau nama lainnya Odokuro merupakan tengkorak hidup raksasa yang tingginya berkali lipat melebihi tinggi manusia. Menurut kepercayaan Jepang Gashadokuro terbentuk dari tulang belulang orang-orang yang mati akibat kelaparan. Cerita rakyat menyebutkan bahwa pada malam hari mereka mulai memburu manusia dengan bergentayangan di jalanan, jika mereka menemukan manusia mereka akan menangkapnya lalu memakan kepalanya. Satu-satunya cara untuk mendeteksi akan kehadiran mahluk ini adalah terdengarnya suara berdering di salah satu telinga, yang menandakan Gashadokuro akan datang dan manusia harus bergegas berlindung, jika tidak gigi besar Gashadokuro akan membuat kepala anda terlepas dari leher.
Gashadokuro juga memiliki ciri dimana bola matanya tidak terikat pada tulang mata dan tidak mampu berjalan tegak mungkin karena tidak ada nya otot yang mengikat tulang-tulang tersebut sehingga berjalan ia lebih terlihat seperti pergerakan cacing.


4. Kappa
Kappa atau disebut juga Kawataro, Kawako ini merupakan setan air Jepang.Terkadang dianggap sebagai salahsatu Obake. Mereka dapat menyerupai lelaki tua yang keriput, dengan tangan dan kaki yang memiliki selaput dan memiliki tempurung kura-kura, warna kulit mereka bervariasi dari kuning ke hijau atau biru bahkan merah.Wajah mereka dapat seperti memiliki hidung yang berparuh atau seperti wajah monyet. Kappa rambutnya ditutupi rambut yang dikenal sebagai Hyosube dan mereka dapat berbahasa Jepang dengan lancar.
Asal-usul mahluk ini mungkin mereka adalah hantu atau roh yang tenggelam, menurut cerita setidaknya tiap kolam ataupun sungai disana memiliki satu Kappa.Mereka memiliki kekuatan yang besar yang dapat mengalahkan manusia.Walaupun begitu sumber kekuatan mereka adalah air yang disimpan didalam tempurung kepala mereka, dengan mengosongkan air dikepala mereka akan membuat mereka lemah. Hal ini dapat dilakukan dengan membungkuk pada Kappa saat bertemu, sesuai budaya tata krama Jepang maka mereka akan membalas membungkuk dengan demikian akan mencurahkan air yang ada dikepalanya.
Aktivitas gangguan mahluk ini bisa berupa tindakan nakal untuk menggoda manusia hingga yang menyebabkan kematian, Mereka sering kali dilaporkan membuat orang tenggelam disungai atau danau, setelah itu mereka akan mengeluarkan isi perut manusia tersebut melalui tulang belakang.

5. Ningyo
Ningyo adalah manusia ikan, berbadan ikan dan berwajah manusia, merupakan tipikal versi putri duyung (mermaid) dari jepang. Pada zaman dahulu mahluk ini digambarkan memiliki bibir monyet namun gigi-gigi kecil milik ikan. Mahluk ini memancarkan cahaya keemasan dan bersuara tenang seperti seruling. Zaman dahulu kala dikatakan bahwa daging mahluk ini enak untuk dicicipi, dan siapa yang memakan dagingnya dipercaya akan memperoleh khasiat panjang umur yang luar biasa. Namun apabila menangkap Ningyo diyakini bahwa hal tersebut akan membawa badai dan malapetaka terutama bagi para nelayan, sehingga nelayan yang berhasil menangkap Ningyo pasti akan kembali melepaskannya kelautan , dan apabila ada Ningyo yang terdampar di Pantai hal tersebut sebuah pertanda akan terjadinya perang ataupun sebuah bencana.
Salah satu cerita rakyat terkenal yang mengisahkan tentang mahluk ini adalah kisah Bikuni Yao, seorang Bikhuni Buddha yang berumur delapan ratus tahun dimana dalam cerita tersebut dikisahkan seorang nelayan di provinsi Wakasa menangkap seekor ikan yang aneh, sepanjang sejarahnya memancing ikan ia belum pernah melihat ikan yang satu ini sehingga ia memanggil teman-temannya untuk datang dan mencicipi daging ikan tersebut.
Salah satu tamu yang datang mengintip ke dapur dan menyadari bahwa ikan tersebut memiliki kepala manusia namun berbadan ikan dan mengingatkan orang-orang untuk tidak memakan ikan tersebut. Saat sang nelayan selesai memasak ia menghidangkan daging tersebut yang sudah dipanggang, demi menghormati tuan rumah mereka diam-diam membungkusnya dengan kertas dengan maksud untuk dibuang dalam perjalanan pulang kerumah. Namun salah seorang tamu, yang terlalu mabuk akibat kebanyakan minum sake lupa untuk membuang potongan daging tersebut, sang pria memiliki seorang putri yang menginginkan hadiah saat sang ayah pulang ke rumah, dan dengan cerobohnya ia memberikan ikan tersebut pada putrinya. Pada saat sang pria tersadar dari mabuknya ia mencoba menghentikan anaknya makan ikan tersebut karena takut anaknya keracunan, namun setelah tidak tampak ada sesuatu yang aneh pada anaknya sang pria pun tidak khawatir lagi.
Tahun-tahun pun berlalu,sang anak tumbuh dewasa dan menikah namun setelah itu sang anak seperti tidak pernah mengalami perubahan dalam umurnya, sang suami bertambah tua namun ia tetap seperti sediakala, selama bertahun-tahun ia dalam keabadian muda, ia menikah lalu menjanda karena suaminya meninggal dan berulang kali, akhirnya ia kembali ke kampung halamannya Wakasa dimana ia mengakhiri hidupnya saat ia berusia 800 tahun.

6. Sennin
Sennin digambarkan sebagai mahluk Immortal seperti dewa yang hidup diatas gunung. Mereka dikatakan mampu untuk melakukan berbagai trik magic, seperti terbang diatas sebuah binatang diudara. Sennin juga dikatakan muncul dihadapan para manusia dalam bentuk mimpi.
Ada sekitar 500 jumlah mereka namun hanya beberapa dari mereka yang disebutkan dalam kisah myth bangsa Jepang, Didalam kisah masyarakat Jepang Sennin tidak hanya berupa objek laki-laki namun ada juga yang berwujud wanita.
Dibawah ini beberapa Sennin yang sering terdapat dalam cerita rakyat Jepang:
- Chokaro, merupakan Sennin yang selalu berpergian, memiliki solusi yang elegan dalam masalah transportasi dimana ia memiliki labu ajaib, ia hanya perlu meniup labu tersebut dimana akan keluar seekor keledai, oleh karena itu Chokaro sering digambarkan memegang sebuah labu dan seekor keledai yang mengintip keluar.
- Gama, Seorang bijaksana yang ramah yang memiliki pengetahuan yang ajaib dalam soal pil dan obat-obatan.dan selalu ditemani oleh katak, ia dapat merubah bentuk menjadi katak dan ia juga dapat merubah kulitnya sehingga ia terlihat muda kembali.
- Seibo, disebut juga ibu suri dari barat, dia memelihara pohon persik yang hanya berbunga 1000 thaun sekali. namun begitu apabila ada yang memakan buah persik tsb maka ia akan mendapatkan keabadian.
- Tekkai, mahluk imortal yang tak beruntung yang meninggalkan tubuhnya saat ia berkunjung, tuannya di gunung Hua, ketika ia kembali tubuhnya telah dikremasi dan dikuburkan mekasa ia mencari tubuh lain yang sudah meninggal untuk didiami oleh roh nya
-Tobosaku, merupakan karakter antagonis dan jahat dalam mythology Jepang. yang tidak hanya mencuri satu namun 3 buah persik tanaman Seibo, yang membuat dia menjadi immortal, terlepas dari apapun Tobosaku selalu terlihat dalam rupa pria tua dengan senyum lebar dan memegang buah persik.

7, Tengu
Tengu merupakan mahluk mistis Jepang, dalam Mythology Jepang digambarkan sebagai perpaduan bentuk antara manusia dengan burung. Gambaran terawal wujud Tengu ini digambarkan memiliki hidung yang bentuknya seperti paruh burung, namun lambat laun sosok Tengu digambarkan lebih manusiawi. Yang mana gambar Tengu yang dikenal hingga saat ini dan menjadi gambaran imajinasi dari sosok Tengu yang paling populer.
Aliran Buddha menganggap Tengu adalah sosok setan pengganggu dan perlambang perang namun perlahan image akan ini melunak walau bagaimanapun meski dianggap sebagai pelindung tetap dianggap berbahaya, roh dari pegunungan dan hutan. Dalam kepercayaan Shinto Tengu terkait dengan praktik pertapaan yang bernama Shugendo dan hal tersebut digambarkan dari pakaian pengikutnya, Yamabushi.
Kemungkinan besar Tengu diadopsi dari kebudayaan china, yakni Tiangou yang merupakan cerita rakyat di China, sejenis mahluk monster cerita rakyat China. Tiangou digambarkan sebagai anjing raksasa yang galak ataupun menyerupai bintang jatuh dan komet yang membuat suara seperti guntur dan dimanapun ia jatuh akan membawa perang.


8. Yurei
Yurei sinonim dengan hantu yang dikenal dikebudayaan barat, Nama mereka kira-kira berarti Jiwa yang tersamar/redup. Secara tipikal mahluk ini berambut hitam, tangan yang terkulai dan tidak memiliki kaki dan memakai pakaian berwarna putih.Mereka biasanya disertai lampu Hidotama sebagai bentuk dari orang-orang yang kematiannya tidak layak atau tidak dengan penguburan yang layak atau masih ada beberapa tugas di dunia yang belum terselesaikan.
Menurut kepercayaan Jepang setiap mahluk memiliki roh atau jiwa yang disebut reikon, ketika seseorang meninggal, roh atau reikon akan memasuki bentuk api penyucian dan meninggalkan tubuh dimana ia menunggu untuk menunggu upacara pemakaman dan pasca pemakaman yang layak, sehingga dapat bergabung dengan nenek moyangnya, Jika segalanya telah dilaksanakan dengan layak maka Reikon ini dipercaya sebagai pelindung keluarga yang masih hidup dan akan kembali tiap tahun pada bulan Agustus selama perayaan Obon sebagai bentuk terimakasih pada Reikon.
Namun jika seseorang meninggal secara mendadak ataupun dengan jalan kekerasan seperti pembunuhan atau bunuh diri maka jika ritual yang tepat belum dilakukan atau jika Reikon tersebut dipenuhi oleh emosi yang kuat seperti keinginan balas dendam,cinta, kecemburuan, kesedihan, Reikon akan berubah menjadi Yurei, yang mampu menyebrangi jembatan antara dunia roh dengan dunia manusia. Yurei ini akan bertahan di bumi hingga akhirnya mereka benar-benar bisa beristirahat jika tidak diatasi maka mereka akan terus menghantui orang-orang disekitarnya.
Dibawah ini ada beberapa contoh dari Yurai
- Kubikajiri, yakni Hantu pemburu kepala. Tanpa memiliki kepala untuk dirinya sendiri, hantu ini akan keluar dari kuburan pada malam hari untuk mencari manusia dimana mereka belum menemukan kepala yang cocok buat dirinya, baik manusia yang hidup atau sudah mati akan disantap, hal ini dinyatakan untuk mengeluarkan bau darah segar.
- Zashiki-Warashi, Hantu seorang anak kecil yang lebih sering seperti hantu yang mendiami rumah, sering digambarkan sebagai anak kecil baik laki-laki atau perempuan dan berwajah merah. Hadirnya Zashiki-Warashi dalam sebuah rumah dianggap sebagai pembawa keberuntungan namun hilangnya mahluk tersebut dari rumah tersebut kehancuran buat para penghuninya.Jenis ini jarang terlihat biasanya hanya terlihat oleh anak kecil atau pada saat mahluk tersebut meninggalkan rumah itu.Untuk bisa menenangkan satu Zashiki-Warashi harus diidentifikasi dari triknya disekitar rumah, lalu dirawat dengan baik agar mereka betah. Berbagai jenis Zashiki-Warashi dikatakan eksis dengan berbagai karekteristik dan preferensi.

1 comment:

  1. player jadi bandar hanya di ionqq-net |yuk daftar pin bb : 58a-b14-f5

    ReplyDelete