Thursday

Champ, Monster Air penghuni Danau Champlain


Kali ini kita membahas mahluk cryptid penghuni danau Champlain yang dipanggil sebagai Champ.
Kisah keberadaan dari monster air di danau Champlain ini dapat ditelusuri jauh kebelakang saat suku Indian masih menghuni area disekitar danau tersebut.
Dan dalam rentang waktu bertahun-tahun berikutnya banyak yang percaya bahwa keberadaan mahluk satu ini adalah nyata. Ada ratusan penampakan telah dilaporkan mengenai keberadaan yang bahkan oleh pemerintah lokal diberi nama Champ, singkatan dari nama danau tersebut.
Sandra Mansi adalah seseorang yang tumbuh besar dikawasan danau tersebut dan kakek nya pernah menceritakan kepadanya sebuah kisah mengenai seekor monster laut yang legendaris.
Setelah dewasa, pada tahun 1977, Sandra bersama dua orang putranya dan tunangannya berlibur didekat danau tersebut, ia menceritakan bahwa kedua putranya gembira dan segera berenang didanau sementara itu tunangannya kembali ke mobil untuk mengambil kamera dan pada saat ia melihat ke danau Sandra melihat air danau mulai beriak. Ia berpikir pada saat itu mungkin saja itu adalah sekelompok penyelam yang sedang menyelam, namun ia menyadari bahwa riak tersebut terlalu besar untuk kegiatan penyelaman.
Karena ia tumbuh besar didanau tersebut lalu ia berpikir bahwa ikan sturgeon dan walleyes adalah ikan-ikan besar didanau itu, mungkin itu adalah segerombolan ikan-ikan besar.
Namun baru saja ia berpikir tentang ikan-ikan tersebut, tampak sesosok kepala dan leher keluar dari danau dan ia mengaku menyaksikan bagaimana mahluk itu memutar kepala dan lehernya melihat keadaan sekeliling danau. Saat pertama ia menyaksikan mahluk tersebut Sandra menyebutkan bahwa mulut mahluk tersebut terbuka dan mengeluarkan air, Sandra mengaku terpana karena melihat mahluk tersebut seharusnya punah jutaan tahun lalu, saat tersadar ia berteriak memanggil anak-anaknya dan tunangannya pun telah datang, ia segera berlari mengambil foto dan mahluk itu masih terlihat, Sandra berhasil mengabadikan satu foto dari mahluk itu.
Sandra yakin bahwa mahluk yang ia foto adalah Champ, dan ia sama yakinnya bahwa banyak yang akan tidak mempercayainya.
Ada pengamat seorang ahli cryptozoology bernama Richard Greenwell yang menyatakan bahwa kemungkinan mahluk tersebut adalah Plesiosaurus karena lehernya yang panjang namun seharusnya reptil akuatik tersebut sudah punah 60-70 juta tahun lalu. Kemungkinan berikutnya adalah Zeuglodon, Paus yang berbentuk seperti ular yang sudah punah 2 juta tahun lalu. Photo dari Sandra Mansi di ekspos oleh The New York Time dan Life Magazine. setelah itu masih banyak lagi claim penampakan Champ. Namun dari sekian banyak penampakan foto, hanya foto dari Sandra Mansi yang menggunakan polaroid tersebut yang tidak mampu dijelaskan oleh ilmuwan skeptis ditambah penampakan-penampakan lainnya yang disaksikan oleh ratusan saksi selama bertahun-tahun.
Terlepas dari apakah itu Plesiosaurus ataupun Zeuglodon atau entah apa namanya, tidak tertutup kemungkinan ada nya sesuatu mahluk mystery didanau Champlain.

Berikut adalah beberapa teori kemungkinan yang diterangkan oleh Ilmuwan:
- DR Karl P.N Shuker seorang ahli cryptozoology (Cryptozoologist) dari Inggris yang menyatakan bahwa mahluk didanau Champ adalah Plesiosaurus sama dengan mahluk Nessie yang menghuni danau Loch Ness. Plesiosaurus adalah Dinosaurus yang punah 65.5 juta tahun lalu dan merupakan mahluk berdarah dingin di zaman Mesozoic. DR Karl Shuker menyatakan bahwa Plesiosaurus mungkin telah berevolusi dan beradaptasi dengan kondisi danau yang bisa sangat dingin disaat musim dingin tiba.

- Roy P Mackal adalah seorang ahli Cryptozoology yang paling mendukung teori bahwa mahluk tersebut adalah Basilosaurus, ia menyatakan bahwa penampakan-penampakan mahluk raksasa di beberapa tempat didunia adalah Zeuglodon atau disebut Basilosaurus, Seekor paus berbentuk seperti ular yang hidup dimasa Eocene dan punah 2juta tahun lalu, bentuk tubuh dari mahluk tersebut hampir tepat seperti gambaran dari orang-orang yang menyaksikan kemunculan Champ.

- Sebuah Belut raksasa merupakan hipotesis yang diajukan oleh Roy Mackal dalam bukunya The Monster Loch Ness tahun 1976.

- Pinniped (nenek moyang Anjing Laut) adalah teori yang diajukan beberapa peneliti seperti Bernard Heuvelmann dan Darren Naish, bahwa mahluk yang tidak diketahui itu adalah Raksasa Pelagis, berleher panjang. Anjing laut raksasa diperkirakan sebagai mahluk yang bertanggung jawab atas beberapa penampakan monster danau di banyak negara, namun permasalahannya adalah Anjing laut adalah mahluk sosial dan mereka selalu mengeluarkan suara yang bising, hal tersebut susah dipercaya bagaimana mereka bisa berdiam diri didasar danau dalam waktu yang lama tanpa ada yang melihat mereka.

- Tanystropheus adalah teori yang dikemukan peneliti danau Champlain, Dennis Hall yang mengaku telah melihat Champ 20 kali, menurut Hall pada tahun 1976 ayahnya menangkap mahluk reptil yang cukup aneh didanau tersebut yang kemudian membawanya kepada para ilmuwan, mereka menyatakan bahwa tidak ada reptil yang seperti itu hidup saat ini, Sayangnya Specimen itu hilang. Hall kemudian melihat gambar dari Tanystropheus dan menyimpulkan bahwa mahluk tersebut adalah yang paling tepat untuk Champ.
Namun juga banyak masalah untuk teory ini karena Tanystropheus spesies yang sangat khusus dari reptil air, dimasa Triassic, dan tidak mungkin mahluk tersebut bisa survive hingga saat ini dan masih mendiami danau Champlain.

Namun walaupun begitu ada beberapa hal yang membuat rasanya mustahil ada sebuah mahluk raksasa dari zaman dinosaurus yang masih eksis hingga kini karena:
 **Hingga kini belum ada satupun bukti atau membuktikan bahwa ada mahluk yang mempunyai durasi hidup atau bahasa mudahnya memiliki umur yang lebih dari 1 milenium, apalagi berjuta-juta tahun.

*** Dengan pengecualian mahluk bersel tunggal yang mampu membelah diri untuk mempertahankan hidupnya dalam rentang waktu yang lama, tidak ada ditemukan satupun mahluk yang mampu secara konsisten mereduplikasi dirinya.

**** Jika mahluk tersebut berkembang biak dibawah air bersama pasangannya, pertanyaannya adalah dari sejak masa kepunahan Dinosaurus hingga sekarang berarti sudah banyak dihasilkan kembali mahluk2 itu, sudah pasti danau tersebut akan penuh oleh anak cicit keturunan mereka.. tapi sekali lagi..who knows?? everything can happen in this world, tidak ada yang mustahil kecuali kemustahilan itu sendiri..

0 comments:

Post a Comment